by

Cirebon Kaji Branding Program Kota Malang

MALANG, SC- Humas Setda Kabupaten Cirebon bersama SKPD terkait melakukan kunjungan kerja ke Kota Malang, Jawa Timur. Senin (7/10/2019), rombongan diterima Asda Bidang Perekonomian Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, Diah Ayu Kusuma Dewi di ruang rapat Pemkot Malang.

Rombongan sengaja datang ke Kota Malang untuk menggali, menyerap dan menimba ilmu atas keberhasilan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang diberbagai bidang pembangunan yang ada peran humas didalamnya.

Menurut Diah Ayu Kusuma Dewi, Humas Kota Malang cukup berperan dalam membantu branding program pemkot agar diketahui masyarakat secara menyeluruh. Sedangkan Dinas Kominfo bidang informasi publik berperan mengelolah Media Center dalam mendukung program-program Pemkot Malang. Bukan hanya itu, Dinas Kominfo Kota Malang juga menjadi dinas yang menggerakkan semua perangkat daerah mempunyai admin media sosial, baik Twitter, Instagram, Facebook dan lainnya. 

“Di sini Kominfo mengerakkan semua perangkat daerah untuk punya admin media sosial. Jadi perangkat daerah akan berlomba-lomba menyampaikan apa yang dikerjakan perangkat daerah yang berguna bagi masyarakat. Kegiatannya dikemas dengan bahasa dan infografis yang menarik, sehingga kegiatan yang biasa akan menjadi suatu hal yang menarik,” ujar Diah. Menurut Diah, antar Dinas diinstruksikan untuk saling mem-follow dan menge-like setiap postingan masing-masing Dinas di medsos tersebut.

Untuk mendorong kreativitas dinas dalam memposting setiap kegiatannya di medsos, setiap satu tahun sekali Pemkot Malang menggelar ajang anugerah inovasi digital. Penilaian ajang tersebut dilihat dari ke aktifan masing-masing Dinas dalam memposting kegiatan dan menyelesaikan pengaduan masyarakat.

“Dan itu setiap bulan akan diingatkan jika ada perangkat daerah yang belum menjawab keluhan masyarakat. Semua hal prestasi yang diraih pasti ada peran humas terkait pengelolaan informasi,” kata Diah.

Sementara, Plt Asda I Kabupaten Cirebon, Sugeng Darsono mengakui bahwa Kabupaten Cirebon kalah 2 sampai 3 langkah dari Kota Malang. “Makanya, kita datang ketempat yang tepat untuk di serap,” ujarnya. (Islah)

Comment