by

Lima Puskesmas Belum Terakreditasi Siap Jalani Penilaian

SEBANYAK lima puskemas di wilayah Kabupaten Cirebon belum terakreditasi, untuk Bupati Cirebon da Dinas Kesehatan melaksanakan pertemuan dengan para surveyor yang akan mensurvei lima puskemas.

Kelima puskemas itu, yakni, Puskemas Babakan Kecamatan Babakan, Puskemas Sumber Kecamatan Sumber, Puskemas Nanggela dari Kecamatan Greged yang belum lama ini mengalami pemekaran, dan Puskesmas Kalimaro Kecamatan Gebang, serta Puskemas Sidamulya.

Pada pertemuan Pra Survei Akreditasi dan Re-Akreditasi Puskesmas ini, Bupati Kabupaten Cirebon Drs H Imron Rosyadi sangat mendukung atas terselenggaranya kegiatan peningkatan mutu di bidang layanan Puskemas melalui proses akreditasi.

“Dalam proses akreditasi puskemas ini sejalan dengan misi Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon yaitu terwujudnya masyarakat Kabupaten Cirebon yang sehat,” kata Imron saat memberikan sambutan pada kegiatan Pertemuan Pra Survei Akreditasi dan Re-Akreditasi Puskesmas di Hotel Patra, Kedawung, Kabupaten Cirebon, Rabu (30/10) malam.

Tidak hanya itu, kata Imron, proses akreditasi ini pun sangat sejalan dengan visi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon yaitu, mewujudkan masyarakat Kabupaten Cirebon yang agamis, maju, adil, bersinergis dan sejahtera.

Lima puskemas tersebut, kata Imron termasuk dari 60 Puskemas yang sedang berupaya untuk melakukan peningkatan mutu dan pelayanan kesehatan melalui akreditasi dan pre akreditasi ini.

“Peningkatan mutu dan pelayanan adalah sebuah keniscayaan dan tuntutan semua layanan publik salah satunya puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingi pertama,”jelasnya.

Diakui Imron ada tiga program yang saling berkaitan demi meningkatkan kesehatan di masyarakat Kabupaten Cirebon, ketiga program ini yakni kesehatan, ekonomi dan pendidikan.

“Yang kami tingkatkan yaitu kesehatan, ekonomi, dan pendidikan. Karena dari pendidikan akan bisa muncul apabila orang ini sehat, dan ekonomi akan bisa sejahtera dan maju itu orangnya harus sehat. Maka dari saat ini kami menginginkan ke Ibu Kepala Dinkes dan para kepala puskesmas agar bisa melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Diakui Imron dari sekian banyaknya puskemas di wilayah Kabupaten Cirebon sudah mendapatkan akreditasi paripurna, sehingga ia berharap kelima puskemas ini secepatnya mendapatkan puskemas yang paripurna. (M Surya)

Comment