by

Tak Ada Alokasi Honorer, Formasi CPNS 176

Usulan Kebutuhan ASN di Kabupaten Cirebon 70 Persen  P3K,  30 Persen untuk CPNS

SUMBER, SC- Formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Kabupaten Cirebon sudah ditetapkan 176. Jumlah tersebut sudah mendekati angka seperti yang diusulkan di awal tahun, sebanyak 178 formasi.

Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi BKPSDM Kabupaten Cirebon, Novi Hendrianto, Kamis (7/10) mengatakan, berdasarkan hasil rapat dengan OPD terkait, komposisinya melihat dari jumlah kekurangan di masing-masing OPD. Semula jumlahnya sebanyak 178 formasi. Setelah rapat tingkat pimpinan yang dihadiri Sekda, usulan kebutuhan PNS dilingkungan Pemkab Cirebon menjadi 176.

“Pada rapat tingkat pimpinan yang dihadiri oleh Pak Sekda langsung, untuk usulan kebutuhan ini, akhirnya dari jumlah 178 itu menjadi 176. Ada di tenaga kesehatan dan tenaga teknis,” ujar Novi.

Untuk tenaga kesehatan jumlahnya sebanyak 64 dan sisanya untuk tenaga teknis. “Ini juga tenaga teknis karena ada kebijakan pusat yang memberikan ruang kepada OPD yang belum pernah mengusulkan jabatan formasinya, baik jabatan pelaksana maupun fungsional. Itu dapat diusulkan di tahun 2019 ini,” papar Novi Hendrianto.

Menurut Novi, penyusunan pengusulan kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Cirebon yang dilakukan pada awal tahun itu melihat kebijakan pemerintah pusat yang menyampaikan bahwa 30 persennya untuk usulan CPNS dan 70 persennya untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

“Memang kalau dari segi jumlah lebih sedikit dari jumlah kemarin, karena tahun kemarin kita lebih kepada formasi jabatan untuk pelayanan dasar seperti pendidikan dan kesehatan. Di tahun 2019 ini kita juga mengusulkan untuk pelayanan dasar tapi alokasinya diarahkan pada P3K,” paparnya.

juga berdasarkan hasil analisa BKPSDM tentang tenaga honorer. Pemda memberi kebijakan ruang atau kesempatan kepada para tenaga honorer untuk bisa mengikuti seleksi P3K.

“Karena berdasarkan PP nomor 4 tahun 2018 untuk peta P3K ini berusia 35 tahun keatas. Sementara kondisi honorer kita rata-rata usianya di atas 35. Makanya untuk tahun 2019 ini tidak ada alokasi CPNS,” ungkapnya. (Islah)

Comment