by

Ditinggal Kerja, Rumah Ludes Terbakar

DEPOK, SC- Sebuah rumah milik warga Blok Cibogo Lor RT 003 RW 004 Desa Warujaya, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon, Pani (33) ludes dilalap api, Sabtu pagi (16/11) sekira pukul 09.00 WIB. Kondisi cuaca panas membuat api dengan cepat membakar atap rumah dan menghabiskan seluruh isi rumah.

Informasi yang berhasil dihimpun Suara Cirebon menyebutkan, saat peristiwa terjadi, kondisi rumah dalam keadaan kosong. Pemilik rumah, Pani dan istrinya sudah berangkat kerja. Anak pertamanya Putri Melani (11) juga sudah berangkat sekolah. Sedangkan anak ke dua yang masih Balita, Aura Aulia (2) sedang berada dirumah kakeknya.

Api diketahui pertama kali oleh warga setempat, Sumeni (45), sudah membesar dan membakar atap rumah. Mengetahui hal itu, warga tersebut langsung berteriak meminta pertolongan masyarakat setempat. Kemudian warga langsung berdatangan untuk membantu memadamkan api dan menelpon petugas kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Cirebon.

Sebelumnya, warga mengira kepulan asap dilokasi tersebut berasal dari pembakaran sampah yang didominasi daun bambu kering. Maklum, lokasi rumah korban berada area pekarangan yang banyak ditumbuhi rumpun bambu dan agak jauh dari pemukiman penduduk. “Saya kira itu dari bakar-bakaran sampah,” ujar Tiana (47) warga setempat yang sempat melihat sebelumnya.

Sementara, Pj Kuwu Desa Warujaya, Armani, menyampaikan, penyebab terjadinya kebakaran rumah tersebut masih belum diketahui. Pasalnya, saat itu kondisi rumah sedang kosong karena suami istri pemilik rumah sudah berangkat kerja. Namun, berdasarkan keterangan warga setempat, api berasal dari kamar bagian belakang.

“Apakah dari arus listrik apa darimana kami tidak tahu. Kalau dari gas, dia (pemilik rumah) tidak punya gas,” jelas Pj Kuwu. Namun, dilokasi kebakaran sempat terdengar suara ledakan yang diduga dari ledakan televisi dan kulkas.

“Kami dari pemdes warujaya berharap ada bantuan dari OPD terkait, baik BPBD, PLN dan lainnya. Karena pemilik rumah ini warga tidak mampu,” ungkap Kuwu.

Sementara, Kasi Tanggap Darurat Disdamkar Kabupaten Cirebon, Eno Sujana, mengatakan, api berhasil dipadamkan setelah petugas Damkar bersama dua unit mobil tangki dari Pos jaga Sumber dan Weru berjibaku selama sekira satu jam lamanya. “Proses pemadaman kita dibantu warga, polsek depok dan koramil plumbon. Untuk penyebab kebakaran diduga dari konsleting listrik,” katanya. (Islah)

Comment