by

TKW 10 Tahun Hilang Kontak

MAJALENGKA, SC- Nasib nahas menimpa Devi Siti Mulyati Bin Muhtar (26), warga Blok Pamengkang RT. 01 RW. 01 Desa Biyawak, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka. Niat mulianya untuk membantu perekonomian keluarga dengan menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) ke luar negeri, malah bernasib malang. Sudah sepuluh tahun perempuan itu hilang kontak.

Kabar Devi yang putus komunikasi dengan keluarganya diduga karena dipersulit oleh pihak majikan. Hal itu berawal dari postingan di media social (medsos) yang banyak dibagikan dan viral. “Devi sudah 10 tahun menjadi TKW di Yordania dan tak pulang ke rumah,” jelas Eni (42), orangtua Devi, Sabtu (23/11).

Eni menuturkan bahwa Devi berangkat ke Yordania sejak tahun 2009 melalui Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) PT. Platindo Adi Pratama, Jakarta. “Awalnya komunikasi lancar sering menelepon, tapi belakangan tak ada kabar karena telepon selulernya dirampas majikannya,” ungkap Eni, menjelaskan.

Eni menambahkan komunikasi terakhir Devi bercerita kalau dirinya sudah tidak betah bekerja di rumah majikannya karena beberapa bulan gajinya tidak dibayar dan selalu ingkar janji, mau membelikan tiket pesawat untuk kepulangannya, namun, tidak pernah ditepati.

“Sekarang saya sangat khawatir dengan keberadaannya, tiap hari saya menangis dan berharap Devi bisa kembali ke kampung halaman,” harapnya. (Eka)

Comment