by

Eks TPAS Seger Ditanami Pohon

SUMBER, SC- Pohon sisa dari aksi pencanangan penanaman pohon dalam rangka Gerakan Nasional (Gernas) Pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS) di Hutan Kota Sumber, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Kamis (12/12), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan melanjutkannya di beberapa titik lainnya. Khususnya di daerah yang gundul akibat penebangan liar, eks galian C dan eks Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS).

Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersihan DLH Kabupaten Cirebon, Dedi Sudarman sebelum melanjutkan penanaman pohon di daerah-daerah yang gundul akibat penebangan liar dan eks galian-galian C serta eks TPAS, pihaknya akan menanamkannya terlebih dahulu disekitar pusat pemerintahan dan sekolah yang membutuhkan penghijauan untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“Kita selesaikan dulu penanaman di sekitar pusat pemerintahan, sekolah-sekolah yang membutuhkan penghijauan untuk ruang terbuka hijau (RTH) dan kecamatan-kecamatan,” kata Dedi Sudarman.

Setelah itu, kata Dedi, minggu depan pihaknya akan melakukan penanaman di bekas-bekas eks tempat pembuangan akhir sampah, eks galian C, dan tanah yang gundul. “Sisa dari penanaman ini juga di gunakan untuk menanam atau penghijauan di wilayah timur tepatnya di bantaran sungai cisanggarung atau tepatnya eks TPA Ciledug,” ungkap Dedi.

Setelah selesai di wilayah timur, pihaknya akan menyebarkan pohon itu ke wilayah tengah yaitu di eks TPAS Ciawijapura dan wilayah perbatasan yang masih kurang penghijauan. “Pada intinya kami prioritaskan penanaman ini untuk eks TPA dan galian C. Dan salah satu fungsinya adalah untuk menahan supaya tidak longsor, supaya tidak banjir dan lainnya,” ucapnya. (Islah)

Comment