by

Jembatan di Gamel Tersumbat Sampah

PLERED, SC- Jembatan Sungai Sikenanga di Desa Gamel, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon tersumbat ratusan kubik sampah, setelah terjadi hujan lebat pada Selasa (07/01/2020) siang hingga sore hari. Akibatnya, sekitar 60 unit rumah yang berada di sekitar sungai tersebut tergenang air dengan ketinggian antara 25 hingga 50 cm.

Warga sekitar sungai dibantu Babinsa dan Kuwu Junedi bersama selanjutnya berusaha membersihakan sampah yang menyumbat jembatan Sungai Sikenanga sehingga pada

pukul 18.45 Wib,  60 unit rumah yang berada di kanan dan kiri sungai tersebut yang semula tergenang air pun surut.

 Menurut Kuwu Junedi, rumah yang berada di sepanjang Sungai Sikenanga Desa Gamel merupakan langanan banjir, apabila terjadi curah hujan dengan intensitas tinggi yang cukup lama dan sungai akhirnya meluap sehingga merendam puluhan rumah warga sekitar.

Atas permasalahan tersebut, Kuwu Junedi  memohon perhatian baik dari Pemda Kabupaten Cirebon maupun pihak terkait, dan untuk bantuan alat berat berukuran kecil untuk mengangkut sampah. “Karena sampah di Sungai Sikenanga hampir 1000 kubik lebih, dan ditakutkan ada curah hujan lagi kalau tidak segera diangkut,” katanya. (Narsita)

Comment