by

Suspek Virus Corona Jalani Isolasi 14 Hari

SUMBER, SC- Setelah menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waled, kondisi pasien suspect (diduga) virus corona SH (44) mulai membaik. Suhu badannya sudah turun menjadi 37 derajat celcius dari sebelumnya 40 derajat celcius. Namun, pasien masih harus menjalani perawatan diruang isolasi hingga dua minggu atau 14 hari. 

Tim Dokter RSUD Waled yang menangani pasien tersebut, dr Ahmad Fariz Zamzami, ketika masuk perawatan pada Senin (27/1), kondisi pasien secara klinis terdiagnosa pneumonia. Menurutnya, pneumonia adalah adanya peradangan akibat infeksi di paru-paru. Mengingat saat ini isu virus corona berkembang secara nasional, kata Ahmad Fariz, pihaknya langsung melakukan evaluasi dengan melihat suspect tersebut dari paparan.

BACA JUGA: Terekam CCTV, Pencuri Kotak Amal Diburu

Dari hasil evaluasi diketahui, ternyata suspect corona virus yakni SH baru datang dari Taiwan. “Setelah evaluasi ternyata suspect dari taiwan, maka kita langsung evaluasi apakah taiwan ini ada keterkaitan dengan virus corona atau tidak. Sampai saat ini temuan kita, dan kita bisa lihat perkembangannya nanti. Sampai kemarin memang belum ada temuan di taiwan, tapi kalau dari studi epidemologi yang ada, kelihatannya akan ada perkembangan perluasan restriksi,” kata Ahmad Fariz.

Maka dengan alasan itu, lanjut Ahmad Fariz, tim membuat assesment bahwa pasien di akses sebagai pneumonia dengan penyebabnya ditengarai karena Corona virus. Maka harus ada peningkatan kewaspadaan, salah satunya dimungkinkan paparan dari Taiwan.

Comment