by

Luthfi: Hilangkan Ego Sektoral!

Dianggap Jadi Penghambat Pembangunan Berbagai Sektor bdi Kabupaten Cirebon

CIREBON, SC– Banyaknya pengangguran dan kemiskinan yang terjadi di tengah masyarakat Kabupaten Cirebon, mendapat perhatian khusus dari Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Lutfi saat menghadiri Musrembang Kecamatan Sedong,  Selasa (11/2/2020).

“Saat ini pengangguran di Kabupaten Cirebon menduduki posisi satu tingkat Provinsi Jawa Barat dan kemiskinan tertinggi kelima. Kita berkewajiban untuk melakukan berbagai perubahan dan pembenahan agar ke depan masyarakat kita semakin baik dalam segala hal, salahsatunya dengan cara memaksimalkan keberadaan wisata lokal dan keanekaragaman kuliner,” paparnya.

Kabupaten Cirebon memiliki banyak tempat wisata yang selama ini mungkin kurang mendapat perhatian. Jika mampu meningkatkan wisata yang ada, termasuk kulinernya yang sangat beraneka warna, sudah dipastikan akan menaikkan taraf perekonomian masyarakat.

“Dan itu sudah dipastikan dapat mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan. Dan salahsatu yang harus dilakukan perubahan saat ini adalah membuang ego sektoral yang selama ini menjadi kendala dan penghambat,” kata dia.

Sedong ini menjadi salahsatu wilayah yang memiliki destinasi wisata yang sangat menjanjikan, yaitu keberadaan Setu Sedong dan pihaknya akan mendorong sektor pariwisata menjadi  leading sector pembangunan. Namun untuk mweujudkan hal tersebut  perlu adanya perencanaan yang terintegrasi.

Jika program peningkatan wisata dapat terealisasi dengan baik, tentunya akan mampu meningkatkan perekonomian. Tetapi hal ini perlu adanya dukungan dan kerjasama dari semua pihak, baik dalam hal peningkatan infrastruktur, peningkatan UMKM, kuliner yang tersedia, dan pendukung lainnya.

“Yang perlu dicatat, kita selama ini parsial, cara berpikirnya sektoral dan orientasinya selalu administratif. Jika hal ini tetap demikian, maka tidak akan pernah kita mampu untuk menjadikan Kabupaten Cirebon lebih baik, jadi sudah saatnya berubah dan buang ego sektoral, bagi yang tidak mau berubah, maka lebih baik mundur,” tandas Luthfi.

Dikatakan, Sedong hanyalah salahsatu contoh tempat wisata yang tidak dapat dimaksimalkan. Sedangkan di Kabupaten Cirebon masih sangat banyak destinasi wisata yang selama ini tidak dimaksimalkan keberdaannya dan bahkan terkesan dibiarkan apa adanya. (Agus)

Comment