by

3 Hari Disemprot Disinfektan

Honda Cirebon

SUMBER, SC- Guna mencegah penyebaran Covid-19, Pemkab Cirebon melakukan penyemprotan disinfektan masal disepanjang jalan di wilayah Kabupaten Cirebon. Penyemprotan dijadwalkan dilaksanakan selama tiga hari sejak Kamis (26/3/2020).

Pantauan Suara Cirebon, pada hari pertama, penyemprotan dimulai dari jalan di lingkungan Pemkab Cirebon. Kemudian berlanjut ke jalan Dewi Sartika di depan RS Sumber Hurip, Mapolresta Cirebon, Hutan Kota Sumber, Pasar Sumber, Stadion Ranggajati, Yogya Departemen Store Sumber, Kodim 0620, dan berakhir di jalan Fatahillah depan Stadion Watubelah.

BACA JUGA: Salat Jumat di Masjid Agung Sumber Dihentikan Sementara

Usai memimpin penyemprotan masal bersama Forkopimda, Bupati Cirebon, Drs H Imron Rosyadi MAg langsung meninjau Sarana Olah Raga (SOR) Stadion Watubelah yang dijadikan tempat screening awal Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Alhamdulillah kita lihat sudah siap, di sini ada 20 tempat, 4 tempat khusus untuk ruang isolasi, satu kamar satu tempat tidur. Mudah-mudahan tempat yang mewah ini tidak sampai dipergunakan untuk pasien,” kata Imron. 

Sohib Suzuki Cirebon

Menurutnya, tempat tersebut untuk mengantisipasi masyarakat yang masuk ODP. Jika dari pemeriksaan warga yang bersangkutan masuk kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP), maka pasien akan dirujuk ke Rumah Sakit (RS).

“Makanya kita mengimbau kepada masyarakat agar selalu hidup bersih dan sehat dengan membiasakan cuci tangan setiap sebelum dan sesudah beraktivitas. Tapi dengan adanya Covid-19 ini kita bisa mengambil hikmahnya,” ucap Imron.

Hikmah itu di antaranya, imbuh Bupati, bahwa hidup sehat harus menjadi kebutuhan, baik ketika ada covid-19 maupun tidak ada. Kemudian, dengan maraknya Covid-19 masyarakat jadi lebih banyak berkumpul di rumah. Kondisi tersebut harus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk Taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah SWT.

“Jadi, di samping usaha secara lahir untuk hidup sehat, kita pun harus bertaqarrub kepada Allah,” ujarnya.

BACA JUGA: Belajar di Rumah Resmi Diperpanjang

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni menambahkan, setelah SOR Watubelah dinyatakan siap, alat Rapid test sebanyak 238 unit dipastikan akan segera tiba.

“Hari ini (kemarin) sedang diambil 238 rapid tes. Itu untuk ODP, PDP dan garda terdepan penanganan Covid-19,” kata Enny.

Dijelaskan Enny, SOR Watubelah akan digunakan untuk screening masyarakat yang baru datang dari luar daerah atau luar negeri. Bagi masyarakat yang hasil screeningnya masuk ODP, kata Enny, maka mereka akan menjalani isolasi dirumah masing-masing. “Kalau PDP ya kerumah sakit. nanti dirujuk kesana,” terangnya.

BACA JUGA: Tangkis Corona, Pemdes Megu Gede Semprot Lingkungan

Sementara, Juru Bicara Percepatan Penanaganan Covid-19 Kabupaten Cirebon, Iwan Ridwan Hardiawan menyampaikan, penyemprotan disinfektan masal akan dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut sampai hari Sabtu (28/3) besok. Seperti hari pertama, penyemprotan masal hari kedua akan dimulai pada pukul 08.00 WIB.

“Hari kedua, kita strart dari jalan raya depan Ramayana Plered kemudian ke Pasar Pasalaran, Batik Trusmi, Pasar Ayam Plered, Telkom Weru, Pasar Kue Plered, SMK Nusantara Weru, dan berakhir di simpang Kedawung. Dan untuk hari terakhir, start dari simpang Kedawung ke Jalan Tuparev sampai perbatasan Kabupaten dan Kota Cirebon,” paparnya. (Islah)

Comment

News Feed