by

Cegah Covid-19, Pemdes Pamengkang Sosialisasikan Pola Hidup Sehat

Honda Cirebon

MUNDU, SC- Pemerintah Desa (Pemdes) Pamengkang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon mensosialisasikan Covid-19 dan penyemprotan disinfektan dengan berkeliling kampung. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut semakin meluas,

Kuwu Pamengkang, Kosasih menjelaskan, kegiatan tersebut dilakukan bersama, yaitu antara Pemdes Pamengkang bersama Babinsa dan  Bhabinkamtibmas. Sosialisasi ini sebagai upaya dalam mendukung imbauan pemerintah  pusat dan daerah untuk mencegah penyebaran Covid-19 sedini mungkin.

“Kegiatan ini kami lakukan pada 24 hingga 26 Maret. Dengan melakukan sosialisasi keliling kampung dan penyemprotan disinfektan di tempat tempat yang ramai dikunjungi masyarakat,  berharap masyarakat Pamengkang dapat terhindar dari wabah virus Corona,” ujarnya kepada Suara Cirebon.

Sohib Suzuki Cirebon

Dia mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan agar masyarakat dapat memahami dan mengerti akan dampak dari virus Corona tersebut. Sehingga mereka dapat mengantisipasi penyebaran virus ini agar tidak semakin meluas dan keadaan dapat segera membaik.

Dalam kesempatan ini, Kosasih mengimbau kepada masyarakat Pamengkang agar tidak takut dan panik menghadapi wabah yang sedang terjadi. Dengan tetap menjaga kebersihan lingkungan, pola hidup sehat, dan selalu mencuci tangan dengan sabun setelah melakukan aktivitas, serta tidak berpergian, dan menghadiri kegiatan yang melibatkan banyak orang, diyakini dapat menghindarkan dari tertularnya virus Corona.

“Sebaiknya berdiam diri di rumah jika tidak ada hal yang sangat penting. Kalau pun keluar rumah seyogyanya dengan mengunakan pengamanan diri seperti menggunakan masker dan sarung tangan, jauhi keramaian, dan tetap menjaga jarak,” jelasnya.

BACA JUGA: Tetua Adat Desa Kanci Gelar Tolak Bala

Dalam kesempatan ini, dia mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik dan tetap tenang. Bahkan,  jangan termakan isu atau kabar yang menyesatkan dari sumber yang belum jelas. Untuk itu, dia berpesan dalam penanganan dan penanggulangan virus Corona ini untuk mempercayakan semuanya kepada pemerintah melalui dinas terkait.

“Apabila mengetahui ada masyarakat di sekitar kita mengalami keluhan seperti  batuk-batuk, sesak nafas, tenggorakan terasa sakit, demam disertai suhu badan tinggi, segera melaporkan ke aparat desa atau segera memperiksakan diri ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat,” katanya.

BACA JUGA: Pemdes Banjarwangunan Sosialisasi Pencegahan Covid-19

Kosasih berharap, kepada masyarakat agar dapat menumbuhkan kesadaran dan menaati imbauan dari perintah dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19. Seperti, dengan berdiam diri di rumah sementara waktu. Sehingga penyebaran virus tersebut dapat dihentikan. (Baim)

Comment

News Feed