by

7 Orang Sudah Meninggal

Semua Pasien PDP dan ODP Terjangkit dari Luar Daerah yang Masuk Zona Merah

SUMBER, SC- Sampai hari Sabtu (11/4/2020) kemarin, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal dunia jumlahnya sudah mencapai 3 orang. Dan berselang satu hari, yakni pada hari Minggu (12/4/2020), 2 orang PDP kembali meninggal dunia. Sehingga, jumlah total PDP di Kabupaten Cirebon yang meninggal dunia sebanyak 5 orang.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon, Nanang Ruhyana mengatakan, selain 5 orang PDP yang meninggal dunia, di Kabupaten Cirebon juga terdapat 2 Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang sudah dinyatakan meninggal dunia. Namun, pihaknya belum bisa memastikan status semua pasien tersebut, apakah positif atau negatif Covid-19. Karena, sampai saat ini hasil swab masih belum keluar.

“Hasil swab belum keluar, jadi kami belum bisa menjelaskan statusnya positif atau negatif. Tapi hasil rapid diagnostic test (RDT) semuanya dinyatakan negatif,” ujar Nanang, Minggu (12/4/2020).

Honda Cirebon

Dia menjelaskan, semua pasien yang meninggal dunia, baik ODP maupun PDP sudah dimakamkan sesua protokol pencegahan Covid-19, termasuk 2 orang PDP asal Kecamatan Kedawung dan Panguragan yang dimakamkan kemarin.

“Kasus yang meninggal pada tanggal 11 April sudah dimakamkan sesuai protokol Covid-19 sebagai upaya pencegahan. Satu orang pria asal kedawung berusia 67 tahun dan satu orang lagi jenis kelaminnya sama, dia berusia 54 tahun,” papar Nanang.

Masih menurut Nanang, semua pasien baik PDP maupun ODP terjangkit virus impor dari daerah yang masuk zona merah. Sehingga, sampai saat ini situasi Kabupaten Cirebon masih kondusif. Pihaknya justru mengkhawatirkan terjadinya penularan orang per orang tanpa ada riwayat perjalanan dari daerah zona merah. “Tapi mudah-mudahan ini tidak terjadi,” ucap Nanang.

BACA JUGA: RT/RW di Kota Cirebon Lakukan Penyekatan

Sementara, juru bicara Gugus Tugas, Nanan Abdul Manan menambahkan, pasien positif Covid-19 bertambah satu lagi. Sehingga, pasien positif di Kabupaten Cirebon jumlahnya sebanyak 3 orang.

“Secara umum, kesehatan dua orang yang positif terus membaik. Sekarang masih di isolasi menunggu hasil lab negatif. Untuk satu pasien positif lainnya, masih di isolasi dan menjalani perawatan klinis,” kata dia.

BACA JUGA: Tunggu Instruksi Lockdown Parsial

Sehingga, sampai hari Minggu (12/4/2020), jumlah pasien PDP masih 34 orang, 5 orang diantaranya meninggal dunia. Sedangkan yang masih menjalani perawatan adalah 8 orang dan 21 orang sudah diperbolehkan pulang karena sudah dinyatakan sembuh. Sementara jumlah ODP kini menjadi 143 orang setelah 2 orang ODP meninggal dunia. Untuk orang yang masih dalam pemantauan sebanyak 35 orang dan dinyatakan selesai pemantauan sebanyak 108 orang. Sehingga, jika ditotal, jumlah meninggal di Kabupaten Cirebon dalam kasus ini sudah mencapai 7 orang, yaitu terdiri dari 5 orang PDP dan 2 orang ODP. (Islah)

Comment