by

136 Warga Tegalsari Mulai Terima Bansos

KABUPATEN CIREBON, SC- Sebanyak 136 warga Desa Tegalsari, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon mulai menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) untuk penerima sembako penanggulangan dampak Covid-19 di GOR Desa Kaliwulu, Rabu (13/05/2020).

Kuwu Tegalsari, Supriyanto mengatakan, 136 warga penerima KKS tersebut merupakan peserta tambahan pada program KKS atau sembako BPNT. Penambahan peserta yang dilakukan pemerintah tersebut sifatnya hanya sementara. Yaitu mereka akan mendapat bantuan terhitung sejak April hingga Desember 2020 saja.

“Untuk program ini sama seperti program sembako BPNT, dan nilai uang dalam kartu itu besarannya juga sama dengan program BPNT tersebut, yakni sebesar Rp200 ribu. Sebab KKS ini merupakan perluasan KPM (Keluarga Penerima Manfaat) selama pandemi Covid-19,” katanya.

Namun, dia menjelaskan, bantuan yang diterima KPM ini berbentuk sembako, bukan uang tunai. Banyaknya sembako yang diterima sesuai dengan nilai uang yang ada dalam KKS.

Baca Juga: Bansos di Desa Karangasem Terfokus di Satu RW

Supriyanto mengungkapkan, mereka yang telah menerima KKS ini di luar penerima program sosial lainnya, seperti PKH dan sembako BPNT. Adapun untuk calon penerima baru, lanjut dia, jika realisasinya di bulan Mei, maka sembako yang akan diterima terhitung dua bulan, yakni April dan Mei setelah kartu itu diterima.

“Para KPM bisa mengambil sembako melalui E-warung, dan realisasinya nanti berbarengan dengan program sembako BPNT. Karena memang ini tambahan peserta dari program itu,” tuturnya. (Vicky)

Comment