by

BLT-DD Desa Citemu Dibagi Rata

KABUPATEN CIREBON, SC- Pemerintah Desa (Pemdes) Citemu, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon menggelar musyawarah desa khusus (musdesus) terkait validasi dan penetapan penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2020 di kantor desa setempat, Selasa (12/05/2020).

Kegiatan ini merupakan musdesus yang ke dua. Pasalnya, pada musdesus pertama deadlock karena data penerima BLT-DD untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 belum valid.

Kuwu Citemu, Supriyadi mengatakan, pelaksanaan musdesus kali ini adalah untuk menindaklanjuti penerima BLT-DD yang sempat di tunda, dikarenakan banyaknya data yang tidak sinkron dan ganda. Sehingga dikhawatirkan akan terjadi gejolak di masyarakat.

“BLT-DD dikhususkan bagi masyarakat yang tidak menerima bantuan pemerintah, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), maupun bantuan lainnya. Sehingga data yang di musyawarahkan benar-benar tepat sasaran dan tidak tumpang tindih,” ujarnya.

Baca Juga: Pasien Terkonfirmasi Positif di Kabupaten Cirebon Bertambah Satu Lagi

Hasil dari kesepakatan dalam musdesus ditetapkan 750 kepala keluarga (KK) berhak menerima BLT-DD. Setiap KK akan mendapatkan Rp137.600 selama tiga bulan, yaitu April hingga Juni 2020.

“Tidak ingin terjadi gejolak di tengah masyarakat terkait BLT-DD bagi masyarakat yang terdampak Covid-19, sehingga disepakati bantuan tersebut dibagikan secara merata kepada semua warga. Karena kami tidak ingin ada warga yang tidak mendapatkan bantuan tersebut. Dengan demikian semoga dapat tercipta suasana kondusif di Desa Citemu,” jelas Supriyadi.

Sementara itu, menurut Ketua BPD Citemu, Lukman, jumlah warga terdampak Covid-19 yang mendapatkan BLT-DD tersebut telah disepakati. Hal itu setelah dilakukan berbagai pendataan yang dilakukan RT bersama Puskesos.

Baca Juga: TKSK Sumber Salurkan KKS

Camat Mundu, Anwar Sadat mengatakan, bantuan tersebut harus diterima oleh semua warga, sesuai hasil kesepakatan yang dibagi secara merata.

“Dengan ditetapkannya data bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 dari sumber DD berharap dapat bermanfaat sekaligus meringankan beban masyarakat Citemu,” pungkasnya. (Baim)

Comment