by

Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Lakukan Test Swab di Pasar Sumber

KABUPATEN CIREBON, SC- Petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon dan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon mendatangi Pasar Sumber, Senin (18/5/2020) pagi. Kedatangan tim gabungan ini untuk melakukan pemeriksaan swab para pembeli dan pedagang pasar di pasar setempat.

Ketua Gugus Tugas Kabupaten Cirebon, H Imron MAg mengatakan, tujuan pelaksanaan swab di Pasar Sumber ini adalah sebagai upaya memutus mata rantai Covid-19. Untuk keberhasilan penanganan Covid-19, tim pun melakukan jemput bola dengan terjun langsung ke masyarakat, seperti yang dilakukan di Pasar Sumber. 

Imron menjelaskan, Gugus Tugas juga telah merencanakan pemeriksaan swab di sembilan pasar tradisional lainnya di Kabupaten Cirebon. “Bahkan kita akan adakan tes ini di sembilan pasar, maka masyarakat jangan takut, lebih baik kita tahu mana yang sakit agar bisa diobati dan yang sehat tidak tertular,” paparnya.

BACA JUGA: Zona Merah, Kabupaten Cirebon Perpanjang PSBB atau Tidak?

Dalam kesembatan ini, Bupati mengimbau agar masyarakat Kabupaten Cirebon, khususnya bagi warga yang baru datang dari luar daerah, untuk segera melakukan pemeriksaan swab di tempat yang sudah ditentukan. Pemda menjamin pemeriksaan swab tidak dikenakan biaya, alias gratis.

“Bahkan kalau sakit, kami pemerintah akan menjamin juga biaya makannya,” tutur Imron.

BACA JUGA: 1.200 Guru Ngaji di Kabupaten Cirebon dan Imam Masjid Dapat Sembako

Dia pun mengungkapkan, di setiap pasar atau tempat keramaian yang dikunjungi, tim menargetkan dapat mengambil 50 sampai 100 sampel swab setiap harinya. Namum demikian, setiap warga yang ingin mengikuti swab test harus membawa KTP sebagai syaratnya. KTP diperlukan untuk kebutuhan administrasi dan pelaporan ke pemerintah pusat. (Islah)

Comment