by

Dua Pasien Positif Covid-19 Disebut Sudah Negatif, Bambang Sumardi: Itu Hoax

KABUPATEN CIREBON, SC- Pesan berantai beredar luas di Media Sosial (Medsos). Pesan itu menyebutkan, dua orang dari Kecamatan Sumber yang dinyatakan positif Covid-19, sudah dilakukan tes di RSUD Arjawinangun dengan hasil negatif dan akan segera pulang. Ternyata, pesan tersebut dipastikan tidak benar alias hoax.

Hal itu seperti ditegaskan Direktur RSUD Arjawinangun, dr Bambang Sumardi, Sabtu (30/5/2020). Menurutnya, setelah masuk RSUD Arjawinangun, kedua pasien tersebut belum dilakukan tes swab.

“Hoax itu, siapa yang bikin statement itu. (Kedua pasien) itu belum di swab tuh,” tegas Bambang.

Dia menyebutkan, hingga Sabtu (30/5/2020) pihaknya belum melakukan test swab ulang terhadap kedua pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dari cluster Pasar Sumber itu.

Karena, kata Bambang, dokter paru RSUD Arjawinangun baru akan melakukan test swab itu setelah 3 atau 4 hari pasien menjalani perawatan di rumah sakit.

“Tiga atau empat hari itu ya hari Senin atau Selasa, kita lakukan swab,” ujarnya.

BACA JUGA: Gugus Tugas Diminta Tegas, Aktivitas Pedagang Pasar Sumber Berpindah Tempat

Bambang menjelaskan, pasien positif Covis-19 diperbolehkan pulang jika hasil test swab dua kali berturut-turut hasilnya negatif.

“Dia (pasien) boleh pulang itu nunggu hasil swab negatif sebanyak dua kali. Jadi kalau swab dua kali berturut-turut hasilnya negatif, baru boleh pulang,” ungkap Bambang.

BACA JUGA: Sepakat Jalankan AKB, Lima Kepala Daerah di Ciayumajakuning Perketat Keluar Masuk Wilayah

Ia menduga pesan berantai tersebut merupakan ulah dari pedagang-pedagang yang ingin segera berjualan lagi. (Islah)

Comment