by

Sepakat Jalankan AKB, Lima Kepala Daerah di Ciayumajakuning Perketat Keluar Masuk Wilayah

KOTA CIREBON, SC- Lima Kepala Daerah se Ciayumajakuning melakukan rapat koordinasi terkait pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang sudah disepakati Gubernur Jawa Jawa Barat, di Balaikota Cirebon, Jumat (29/5/2020) malam.

Sebagai tuan rumah, Walikota Cirebon, Drs H Narshrudin Azis SH, mengatakan Ciayumajakuning menuju ke arah kebijakan Adaptasi Kebiasaan Baru.

“Ciayumajakuning menuju kesana. Jadi pada prinsipnya kami berlima sepakat membawa Ciayumajakuning melaksanakan AKB,” katanya kepada wartawan.

Namun kebijakan AKB ini, lanjut Azis, untuk pelaksanaannya diserahkan kepada kepala daerah masing-masing.

“Pak gubernur telah memutuskan bahwa Jawa Barat masih melanjutkan PSBB tahap berikutnya, namun Gubernur juga mempersilahkan daerah masing-masing untuk memilih melanjutkan PSBB atau melaksanakan AKB,” ujarnya.

BACA JUGA: Hadapi New Normal, Dewan Nilai Pemda Kota Cirebon Belum Maksimal Lakukan Sosialisasi

Selain AKB, pada pertemuan tersebut kelima kepala daerah juga menyepakati untuk memperketat jalur perbatasan. Ini dilakukan agar masyarakat di daerah masing-masing tidak mudah melakukan keluar masuk.

“Kami juga menyepakati akan menjaga perbatasan secara ketat, agar masyarakat di daerah masing-masing tidak mudah untuk keluar,” paparnya.

Tak hanya itu, lanjut Azis, persoalan perekonomian pun dibahas pada pertemuan tersebut. Pasalnya kelima kepala daerah ini tidak ingin perekonomian masyarakatnya semakin terpuruk akibat Covid-19.

“Oleh karena itu kami sepakat bagi penduduk se Ciayumajakuning melakukan niaga lintas daerah. Itu akan mendapatkan kelonggaran dengan catatan surat keterangan dari daerah masing-masing,” kata Azis.

BACA JUGA: Pelaksanaan Salat Jumat di Masjid Raya At Taqwa Kota Cirebon Dievaluasi

Dilanjutkan Azis, banyak para petani yang ada di Kabupaten Kuningan menjual hasil panennya ke daerah yang lain. Dan ini akan mendapatkan pelonggaran.

Azis juga mengungkapkan, masalah perekonomian semua daerah bahkan dunia telah terganggu, termasuk Ciayumajakuning. Akan tetapi sebagai kepala daerah mereka akan terus melakukan upaya apapun agar perekonomian masyarakat kembali pulih.

BACA JUGA: Gubernur Jabar: 1 Juni Terapkan AKB, Bukan New Normal

“Secara bertahap ingin memulihkan kembali perekonomian di wilayah Ciayumajakuning. Jadi inti pertemuan malam hari ini kita sepakat, kita habisi Covid-19-nya tapi kita tingkatkan perekonomian masyarakat,” tutup Walikota Cirebon. (M. Surya)

Comment