by

Gasibu Keliling Jabar Bergerak, 5 Kecamatan di Kota Cirebon “Diguyur” Nasi Bungkus

Sekitar 42 ribu masyarakat terdampak yang telah mengadu melalui Pusat Informasi Koordinasi Covid-19 Jawa Barat (Pikobar)

KOTA CIREBON, SC- HARI Senin (11/5/2020) adalah hari pertama pelaksanaan dapur umum di Kota Cirebon. Kegiatan ini dipusatkan di satu tempat yang kemudian akan disebarluaskan ke masing-masing kecamatan di Kota Cirebon yang akan mendapatkan bantuan. Bantuan tersebut berupa makanan dari dapur umum.

Ketua PKK Jawa Barat (Jabar), Atalia Kamil pun meninjau dapur umum di PKK Kota Cirebon. Dalam kesempatan itu, dia memastikan dapur umum sudah bisa dilaksanakan dan disebarluaskan ke 5 kecamatan di wilayah setempat.

Bahkan, terlihat, Atalia bersama timnya juga memantau gerakan nasi bungkus (Gasibu) keliling yang juga dilakukan oleh Jabar Bergerak. Dia mengatakan, Gasibu ini sebagai upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dan ketahanan pangan masyarakat.

“Nampaknya semenjak hari pertama mereka dilantik, di hari keduanya mereka langsung bergerak ke masyarakat untuk membagikan nasi bungkus kepada masyarakat yang ekonominya rendah, yang diperlukan untuk ketahanan pangan,” katanya kepada wartawan usai melakukan peninjauan dapur umum, di Sekretariat PKK, Jalan Siliwangi Kota Cirebon, Senin (11/5/2020).

Baca Juga: Kerap Tergenang Saat Hujan, Warga Minta Saluran Air di Jalan Cipto Kota Cirebon Diperhatikan

Atalia mengatakan, untuk kebutuhan dan bantuan, pihaknya akan berkolaborasi dengan kepala dan wakil kepala daerah masing-masing di Jawa Barat. Seperti, untuk di Kota Cirebon ini, pihaknya mengaku telah melakukan kesepakatan dengan wakil walikota.

“Mudah-mudahan nanti bantuan dari pemerintah pusat, provinsi, dan Kota Cirebon bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Atalia, ada sekitar 42 ribu masyarakat yang terdampak dan telah mengadu melalui Pusat Informasi Koordinasi Covid-19 Jawa Barat (Pikobar). 

“Laporannya sudah 42 ribu, ini sudah terverifikasi melalui alamat. Bahkan di luar dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),” terangnya.

Baca Juga: RSD Gunungjati Kota Cirebon Datangkan Alat Uji Corona PCR

Untuk itu, Atalia memastikan, Gasibu keliling ini terkelola dengan baik. Bahkan, dia berharap, apa yang dilakukan PKK dan Jabar Bergerak ini dapat dibantu oleh elemen masyarakat dengan program lainnya.

“Jadi semakin banyak mereka-mereka yang terlibat akan sangat membantu. Mudah-mudahan ini bisa meringankan beban masyarakat yang saat ini kesulitan terkait dengan pangan,” paparnya.

Baca Juga: Walikota Cirebon, Nashrudin Azis: Kalau Keberatan, Sampaikan dengan Sopan

Sementara itu, di tempat yang sama, Wakil Walikota Cirebon, Eti Herawati mengaku, seluruh elemen masyarakat Kota Cirebon telah bergerak membantu masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Untuk kegiatan sosial, Dharma Wanita dan PKK di Kota Cirebon sudah bergerak melakukan nasi bungkus (Gasibu),” pungkasnya. (M Surya)

Comment