by

Lagi, Satu Orang di Kabupaten Cirebon Terkonfirmasi Positif Covid-19

KABUPATEN CIREBON, SC- Pasien terkonfirmasi posirif Covid-19 di Kabupaten Cirebon bertambah satu orang lagi. Data tersebut dirilis tim Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon per hari Jumat (22/5/2020). Sehingga, jumlah total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 9 orang. 5 orang dinyatakan sembuh, 2 orang masih menjalani perawatan dan 2 orang meninggal dunia.

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cirebon, dr Nanang Ruhyana, menjelaskan, satu tambahan pasien positif itu berjenis kelamin laki-laki berusia 32 tahun. Ia diketahui positif dari hasil swab test massal yang saat itu menyasar kluster daerah positif dan tidak ada gejala klinis.

“Ya jadi kasus ini tanpa gejala,” ujar Nanang.

Namun, kata Nanang, dari hasil pemeriksaan, pasien tersebut mempunyai riwayat perjalanan dari wilayah zona merah di Jawa Barat. “Dia punya riwayat perjalanan dari zona merah, subang dan kuningan,” kata Nanang.

Dia mengatakan, dari hasil Penyelidikan Epidemiologi (PE) didapati delapan orang yang kontak erat dengan Orang Tanpa Gejala (OTG) tersebut.

BACA JUGA: Bertambah 1 Lagi, Karyawan RS Swasta di Kota Cirebon Positif Covid-19 Tinggal di Kabupaten

Ke delapan orang itu, 2 orang merupakan keluarga dan 6 orang lainnya teman sekantor. Saat ini, kata Nanang, tim Gugus Tugas masih melakukan tracing orang yang kontak erat dengan pasien tersebut.

“Pasien saat ini melakukan isolasi mandiri dan siap untuk mengikuti protokol kesehatan,” paparnya.

Jumlah total OTG di Kabupaten Cirebon sendiri saat ini mencapai 70 orang. Dari jumlah tersebut, 66 orang dinyatakan selesai pemantauan dan 4 orang lainnya masih dalam pemantauan. Sedangkan jumlah total Pasien Dalam Pengawasan sebanyak 53 orang, 43 orang diantaranya dinyatakan selesai. Sedangkan yang masih dalam pengawasan sebanyak 4 orang dan 9 orang lainnya meninggal dunia. (Islah)

Comment