by

Masuk Daftar Invalid Penerima Bantuan, Nenek 80 Tahun di Kabupaten Cirebon Disantuni Unsur Pemerintah

CIREBON, SC- Karija, seorang nenek berusia 80 tahun yang tinggal di Blok Kandawaru, Desa Waruduwur, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon masuk dalam daftar invalid penerima bantuan sosial. Padahal, nenek dengan tingkat ekonomi rendah ini sudah seharusnya masuk dalam kategori golongan yang mendapat perhatian pemerintah melalui program-program sosial.

Menanggapi hal itu, Kuwu Waruduwur, Yadi beserta Camat Mundu, Anwar Sadat yang mengetahui informasi itu setelah menjadi bahan pemberitaan di Suara Cirebon langsung mendatangi kediaman Nenek Karija.

“Saya tahu Nenek Karija tidak mendapatkan bantuan setelah membaca berita di Harian Suara Cirebon. Karena itu, saya bersama Pak Camat langsung menuju kediaman Nenek Karija untuk memberikan bantuan berupa sembako dan lainnya,” katanya.

Baca Juga: PDP Terkonfirmasi Positif Bertambah, Satu Meninggal Lagi

Yadi mengaku, pihkanya memiliki data yang minim karena pergantian masa kepemimpinan di Desa Waruduwur. Karena itu, kata dia, dirinya langsung menginstruksikan seluruh jajaran untuk melakukan pendataan kepada warga yang seharusnya mendapatkan bantuan.

“Dengan adanya warga kami yang luput dari pendataan, saya pastikan warga yang jompo ataupun warga yang benar-benar membutuhkan akan mendapatkan haknya,” tandas Yadi.

Sementara itu, Camat Mundu, sangat mengapresiasi kesigapan Pemdes Waruduwur dalam memperhatikan warganya. “Nenek Karija hanya satu contoh bahwa di negeri ini masih banyak warga yang tidak mendapatkan haknya dikarenakan data yang kurang valid,” ujarnya.

Baca Juga: Jumlah Pemudik Capai 41.515 Orang, Bupati Cirebon Akui PSBB di Kabupaten Cirebon Kurang Personil

Karena itu, Anwar berharap kepada semua pihak untuk meminimalisir kesalahan data. Jika akibat kesalahan data ada warga yang benar-benar berhak namun tidak terdaftar sebagai penerima manfaat, maka sudah kewajiban pemerintah untuk mencari jalan terbaik.

“Bisa dengan mengalokasikan anggaran untuk warga yang benar-benar berhak sesuai dengan peruntukannya, meski tidak masuk dalam data penerima manfaat. Dan apa yang kami berikan saat ini semoga bisa meringankan beban Nenek Karija,” pinta Camat Mundu. (Agus)

Comment