by

Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon Bertambah Satu Lagi

KABUPATEN CIREBON, SC- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon kembali merilis satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Sehingga, total pasien positif di Kabupaten Cirebon menjadi 8 orang. Dengan rincian, dua orang meninggal dunia, dua orang dinyatakan sembuh dan empat orang masih dalam perawatan.

Wakil Sekretaris Gugus Tugas, dr Nanang Ruhyana, mengatakan, pasien positif itu diketahui berjenis kelamin laki-laki dan berusia 57 tahun. “Hari jumat (8/5/2020) kita terima kabar hasil positifnya, tapi fisik suratnya baru kita terima kemarin (Senin, 11/5/2020). Kita terima hasil swab dari luar Cirebon. Cuma dia memang warga Kabupaten Cirebon, dirawat di sini. Jadi baru hari ini (kemarin) kita publis,” kata Nanang, Selasa (12/5/2020).

BACA JUGA: Pemerintah Kabupaten Cirebon Terancam Kehabisan Uang Tangani Covid-19

Menurutnya, pasien tersebut sebelumnya memang tidak masuk ruang isolasi, karena berawal dari pasien biasa. Pasien memiliki gejala awal berupa panas dan demam. Kemudian didiagnosa oleh dokter, pasien menderita penyakit DBD dan tifoid. Tetapi semakin hari pasien merasakan badannya semakin lemas, sehingga akhirnya ditempuh langkah rapid test.

“Hasil RDT-nya reaktif, lalu di swab dan hasilnya juga positif,” terang Nanang.

Dia menjelaskan, sejak kemarin tim sudah melakukan penelusuran orang yang sudah kontak erat dengan pasien tersebut. Pasien itu sendiri, diketahui mempunyai riwayat perjalanan ke daerah epicentrum, yakni daerah Bandung. Namun, bersamaan dengan bertambahnya pasien terkonfirmasi positif, satu pasien yang dirawat di RSUD Waled dikabarkan sembuh.

“Jadi yang sembuh ada 2 orang, ditambah satu orang yang di (rawat) di Waled. Saat ini masih di RS. Nanti kalau sudah dipulangkan baru kita nyatakan sembuh. Rencananya hari ini (kemarin) dipulangkan,” ujar Nanang.

BACA JUGA: Gugus Tugas Akan Laksanakan Swab Test Massal, 21 Kecamatan Zona Merah Diprioritaskan

Sebelumnya, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten Cirebon yang terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah satu lagi. Sehingga jumlah total PDP yang positif Covid-19 menjadi tujuh orang. Dari jumlah tersebut, dua orang meninggal dunia, dua orang dinyatakan sembuh dan tiga orang masih menjalani perawatan.

Juru bicara Gugus Tugas Kabupaten Cirebon, dr Nanang Ruhyana, menjelaskan, satu orang yang terkonfirmasi positif itu berusia 66 tahun dan berjenis kelamin laki-laki. Jika dilihat dari riwayat perjalanan, kata Nanang, pria PDP itu tidak punya riwayat perjalanan dari daerah epicentrum. Sehingga, tim Gugus Tugas harus melakukan pendalaman lebih ketat terkait riwayat perjalanannya. (Islah)

Comment