by

Pengamat Ekonomi : Masyarakat dan Pemerintah Kota Cirebon Harus Saling Memahami

KOTA CIREBON, SC- Ketua Bidang Perekonomian PBNU, H. Eman Suryaman, menyikapi kebijakan pemerintah tentang PSBB dan juga keinginan masyarakat yang tetap kekeuh berjualan ketika pemerintah tidak memperbolehkan, terkecuali pedagang kebutuhan bahan pokok.

Menurut pria yang akrab disapa Eman tersebut, kebijakan pemerintah dari tingkat pusat sampai ke tingkat desa-desa atau kelurahan sudah satu komando, yakni agar masyarakat sehat dan tidak terdampak Covid-19.

“Apa yang dilakukan pemerintah saat ini adalah langkah yang sangat bagus, supaya masyarakat sehat, dan tidak terdampak Covid-19,” katanya kepada Suara Cirebon di kediamannya, Rabu (19/5/2020).

Eman mengakui, dengan adanya kebijakan tersebut akan berdampak kepada  perekonomian masyarakat, baik pedagang atau pengusaha.

“Memang di sisi lain pasti ada dampaknya, dampaknya adalah terganggunya ekonomi baik itu pedagang, pekerja bahkan pengusaha, banyak pabrik yang berhenti otomatis pekerja pun berhenti,” ujarnya.

BACA JUGA: RS Pelabuhan Kota Cirebon Operasikan Alat PCR

“Yang dagang, yang tadinya laris, jadi tidak laris karena daya belinya berkurang, bahkan ada yang diperbolehkan berjualan tapi jam operasional diubah yang biasanya berdagang dari pagi sampai sore, hanya diperbolehkan setengah hari,” sambungnya.

Eman menambahkan, hal tersebut menjadi sebuah resiko bersama, karena agar masyarakat bisa terwujud kesehatannya saat pandemi Covid-19 ini.

Sebab, menurutnya, jika sudah ada satu atau dua orang yang positif Coronavirus, jangan sampai menularkan kepada orang lain atau orang lain yang tertular.

“Jadi memang semuanya bagus, Pemerintah bagus, masyarakat juga memang bagus ada keinginan untuk meningkatkan usaha dan sebagainya akan tetapi situasi dan kondisi seperti ini kita harus saling sama-sama menyadari,” kata Eman.

BACA JUGA: PSBB Kota Cirebon Diperpanjang, Mall dan Pasar Boleh Buka

Saat diminta komentar terkait diperpanjang nya PSBB, khususnya di Kota Cirebon ini, kata manta Ketua PW NU Jabar ini, dengan diperpanjangnya PSBB, masyarakat harus menyadari ketika pemerintah sudah mengatur semua mekanismenya.

“Karena ini tujuannya baik, dan untuk kepentingan bersama baik itu masyarakat nya maupun pemerintahnya sebagai pengayom masyarakat sukses agar masyarakat tidak terpapar Covid-19,”pungkasnya.  (M. Surya)

Comment