by

Dishub Kota Cirebon akan Kembangkan Fungsi Terminal Dukuh Semar

Sudah Lama Menjadi Wacana Namun Belum Terealisasi

KOTA CIREBON, SC- Dinas Perhubungan Kota Cirebon sudah mempunyai rencana membuat Detail Engineering Design (DED) untuk pengembangan eks Terminal Dukuh Semar sebagai terminal C atau sebagai transisi Terminal Harjamukti yang sudah mulai dikembangkan oleh pemerintah provinsi.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon, Yoyon Indrayana kepada Suara Cirebon saat diminta konfirmasinya terkait rencana pengembangan eks Terminal C Dukuh Semar, Kota Cirebon.

“Kita akan maksimalkan fungsinya, karena dulunya juga kan sebagai terminal, terminal C untuk angkutan dalam kota,” katanya, Selasa (9/6/2020).

Yoyon mengakui, pengembangan eks Terminal Dukuh Semar adalah wacana sejak dulu. Untuk itu dirinya meyakinkan akan terlaksana dan tidak hanya sekadar wacana saja.

“Justru saya ingin eksekusi aja, rencana wae (jangan rencana saja). Insya Allah tahun 2021 terealisasi,” ungkapnya.

BACA JUGA: Sebelumnya Reaktif, Kini 11 Warga Pesisir Kota Cirebon Negatif Covid-19

Adapun anggaran yang dibutuhkan untuk pengembangan bekas terminal tersebut, dikatakan Yoyon, hanya Rp150 juta. “Itu hanya termasuk DED-nya saja. Harusnya tahun ini selesai, kalau tidak dipangkas realokasi anggaran, tahun depan tinggal bangun,” ujarnya.

Ia mengatakan, jika sudah siap DED-nya, maka mencari anggaran untuk pengembangan bekas terminal tersebut bisa saja dari APBN ataupun APBD, bahkan provinsi.

“Kalau sudah ada DED-nya, cari anggarannya bisa kemana saja, bisa APBD atau APBN. Cari duitnya bisa kemana saja, mau ke provinsi atau ke pusat yang terpenting ada DED-nya dulu,” tandasnya. (M Surya)

Comment