by

Besok, Aliansi Mahasiswa IAIN Cirebon Gelar Aksi

CIREBON, SC- Aliansi Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon akan menggelar aksi massa di kampus setempat besok, Selasa (30/6/2020) jam 08.00 pagi. Dalam aksi tersebut, ada beberapa poin yang akan mereka tuntut, seperti subsidi kuota yang di-PHP, anggaran UKT dan KKN DR yang dinilai tidak transparan, pemangkasan UKT yang hanya untuk segelintir mahasiswa, dan pembelajaran daring yang dinilai tidak jelas di kampus ini.

Menanggapi rencana tersebut, Kasubag Humas dan Publikasi IAIN Syekh Nurjati Cirebon, H Mohamad Arifin MPdI mengatakan, pihaknya tidak melarang rencana aksi yang akan digelar tersebut. Namun, kata dia, diharapkan aksi ini dapat berjalan dengan tertib dan tidak menimbulkan tindakan anarkis.

“Ketika berbicara mahasiswa yang ingin menyampaikan aspirasi, itu hak mereka. Namun mereka juga harus mematuhi norma-norma yang berlaku agar pesan yang mereka suarakan dapat tersampaikan. Besok (Selasa, 30/6/2020) itu diharapkan aksi dapat berjalan dengan damai dan tidak mengedepankan emosi yang dapat menimbulkan tindakan anarkis agar substansi yang disuarakan mereka dapat tersampaikan dengan baik,” katanya kepada Suara Cirebon, Senin (29/6/2020).

BACA JUGA: Kabar Gembira, IAIN Cirebon Telah Keluarkan Pengumuman Keringanan UKT

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Ahmad Yani MAg pun mengapresiasi langkah yang dilakukan Aliansi Mahasiswa IAIN Cirebon tersebut.

“Kepada temen-temen mahasiswa, kami dari LP2M mengapresiasi aksi dalam rangka konfirmasi ini. Kami harap aksi tersebut dapat berjalan dengan santun dan tertib dengan dasar mencari informasi yang tepat,” ujarnya.

Sementara itu, ketika Suara Cirebon mengonfirmasi rencana aksi tersebut ke Senat Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Hermawan, pihaknya mengaku tidak dapat memberikan komentar. Pasalnya, kata dia, terkait aksi ini pihaknya telah melebur menjadi satu dalam Aliansi Mahasiswa IAIN Cirebon.

“Kita udah melebur ke Aliansi Mahasiswa IAIN Cirebon mas. Ketuanya Alfian, sekarang lagi ngobrol sama temen-temen buat persiapan aksi besok. Nanti kita kirim pamflet terkait tuntutannya,” kata dia ketika dihubungi melalui telepon. (Arif)

Comment