by

Besok, Pemkab Cirebon Akan Lakukan Test Swab Massal 500 Santri

KABUPATEN CIREBON, SC- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon akan menyelenggarakan test swab massal khusus untuk para santri di Covid Center Watubelah, Sumber, besok (11/62020). Pemeriksaan sampel swab dilakukan agar para santri yang hendak berangkat ke pesantren sudah dalam keadaan sehat.

Bupati Cirebon Dra H Imron MAg mengatakan, pelaksanaan test swab untuk memastikan santri yang akan berangkat ke pesantren yang berada diluar Kabupaten Cirebon dalam kondisi sehat. Selain itu, kata Bupati, juga agar tidak ada keraguan dari pihak pesantren saat menerima kedatangan santrinya.

BACA JUGA: Dalam 6 Bulan, di Kabupaten Cirebon Terjadi 24 Kasus Pencabulan

“Ini sebagai bukti perhatian kita kepada masyarakat, khususnya para santri agar santri masuk pesantren sudah dalam keadaan sehat,” ujar Imron, Rabu (10/6/2020). Menurutnya, hal itu juga sebagai bukti komitmen dan keseriusan Pemkab Cirebon dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Cirebon.

Dia menjelaskan, pelaksanaan test swab akan dilaksanakan selama 3 hari di Covid Center Watubelah dengan menyiapkan 500 alat swab. “Hasil rapat tadi, Rabithah Ma’had Islamiyyah (RMI) menyambut baik penanganan kesehatan ini. Jadi yang akan diperiksa kesehatannya 500 santri. Kita laksanakan mulai besok sampai hari jumat,” papar Imron.

BACA JUGA: Ketua BK DPRD Kabupaten Cirebon: Tak Ada Aturan Keceletot Harus Mundur

Sehingga, mereka yang berangkat ke pesantren yang berada didaerah seperti Tuban, Jombang dan Kediri bisa dipastikan diterima oleh pihak pesantren karena dibekali surat keterangan sehat dari Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cirebon.

Ia menambahkan, jika dibandingkan dengan Kabupaten dan Kota lainnya di Jawa Barat, Cirebon adalah Kabupaten pertama yang menyelenggarakan swab untuk para santri. “Untuk hasil swabnya, hari sabtu sudah keluar,” ungkapnya. (Islah)

Comment