by

DPRD Dukung Langkah Pemkot Cirebon Hibahkan Tanah Untuk FK UGJ

KOTA CIREBON, SC- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cirebon mengapresiasi langkah Pemerintah Kota Cirebon dalam memberikan hibah tanah kepada Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati (YPSGJ). Tanah seluas 10.300 meter persegi ini dihibahkan untuk Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon (FK UGJ) dalam rangka meningkatkan pendidikan di Kota Cirebon.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati AMa kepada Suara Cirebon saat ditemui usai hasil rapat Pansus Hibah Barang Milik Daerah dengan Pemkot Cirebon di Gedung Griya Sawala, Kota Cirebon, Senin (8/6/2020).

Kendati demikian, kata Affiati, Pansus Hibah Tanah UGJ tetap bekerja sesuai dengan mekanisme pemindahtanganan aset melalui hibah. Sebab, banyak aturan yang harus dijadikan landasan dalam pemberian hibah tersebut. Karena itu pembahasan akan dilakukan beberapa tahap.

Misalnya, lanjut dia, pihaknya akan melakukan konsultasi dan mencari informasi ke daerah lain yang memang di universitas setempat pernah mendapatkan hibah dari pemerintah daerah yang kepemilikan asetnya sama persis.

“Pansus juga akan melakukan  konsultasi ke Kementrian bagaimana dari segi hukumnya. Jadi, kami akan melakukan konsultasi dan juga melakukan kunjungan kerja untuk mendapatkan informasi yang lengkap sebelum mengambil keputusan final,” sambungnya.

BACA JUGA: UGJ Cirebon Berikan Ribuan Paket Sembako untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Pada dasarnya, tandas Affitai, DPRD tetap mengapresiasi langkah Pemerintah Kota Cirebon dalam memberikan hibah tersebut. Pihaknya juga akan membantu semaksimal mungkin.

“Tapi tetap kami akan mengkaji dari sisi regulasi dasar hukumn ya agar tidak ada kesalahan di kemudian hari,” ujarnya.

Sementara itu Walikota Cirebon, Drs H Narshrudin Azis, merasa yakin dengan langkahnya memberikan hibah tanah kepada UGJ Cirebon. Sebab langkah ini merupakan kebijakan yang baik dalam mendukung peningkatan bidang pendidikan di Kota Cirebon.

“Ini perbuatan yang baik dan mulia, karena tanah yang kita hibahkan dipergunakan untuk pendidikan. Insya Allah pahalanya akan terus mengalir,” ungkapnya.

BACA JUGA: BKD dan UGJ Ekspos ke DPRD Kota Cirebon, Minta Persetujuan Hibah

Azis menganggap hibah tanah tersebut sama saja dengan menghibahkan tempat ibadah, seperti masjid dan musholla. “Untuk langkah yang kami ambil ini lebih dominan ke dunia pendidikan, untuk Fakultas Kedokteran. Kalau kita berhasil melakukan hibah ini, insya Allah kebaikan akan kita dapatkan di dunia maupun di akhirat,” pungkasnya. (M. Surya)

Comment