by

Mendapat Penolakan, Swab Test Massal di Majalengka Dialihkan ke Dinkes

MAJALENGKA, SC-  Lokasi pelaksanaan swab test  yang kali pertama dilakukan oleh Pemkab Majalengka dialihkan ke halaman Kantor Dinas Kesehatan. Pemindahan tempat dilakukannya swab test massal  dari rencana semula, yakni lapangan Pasar Lawas Majalengka  karena adanya penolakan dari warga.

Warga  di sekitar Lapangan Pasar Lawas Majalengka  merasa keberatan pelaksanaan swab test digelar di tempat yang jarkanya cukup dekat dengan tempat tinggalnya. Kepala Dinas Kesehatan Majalengka  H.Alimudin yang juga juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Majalengka membenarkan adanya penolak dari warga tersebut.

 “Iya,karena itu lokasi tes swab Covid-19 Majalengka yang semula akan dilaksanakan di eks Pasar Lawas Majalengka, dialihkan ke halaman kantor Dinas Kesehatan Majalengka,” katanya, Kamis (11/6/2020).

BACA JUGA: Pemkab Majalengka Dinilai Abaikan Keselamatan Pedagang Pasar

Selain karena adanya penolakan warga,kata Alimudin ada pertimbangan lain lokasi dipindahkan.  “Yang paling utama adalah karena berdasarkan sejumlah pertimbangan, situasi dan kondisi di lapangan tidak menjamin akan kondusifitas keberlangsungan tes,”jelasnya.

Terkait waktu pelaksanaan swab test massal sendiri, lanjut Ali, tidak terjadi perubahan dan akan tetap seperti semula yang telah dijadwalkan.

Pelaksanaan swab test yang dilakukan pertama  kalinya berjalan lancar meski lokasinya dialihkan. Swab test  menyasar  pada orang tanpa gejala (OTG) dan orang dalam pemantauan (ODP).

BACA JUGA: Anak Muda di Majalengka Enggan Jadi Petani

Selanjutnya  sampel swab test tersebut kata Ali akan dibawa ke Laboratorium COVID-19 Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Djati (UGJ). (Dins)

Comment