by

Mulai Stabil, Sudah 12 Hari Tidak Ada Penambahan Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon

SUMBER, SC- Satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon dinyatakan sembuh. Kabar baik itu datang dari pasien yang tercatat sebagai kasus nomor 9. Pasien tersebut sudah bisa kembali ke rumahnya meskipun tetap harus menjalankan protokol kesehatan. 

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon, Nanan Abdul Manan mengatakan, pasien kasus ke 9 itu berjenis kelamin laki-laki dan berusia 32 tahun. “Hasil swab test-nya negatif dua kali berturut-turut, sehingga dinyatakan sembuh,” ujar Nanan Abdul Manan, Rabu (24/6/2020).

Dia menjelaskan, sebelumnya pasien tersebut masuk kategori sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG). Karena, pasien tidak mengalami gejala klinis, baik batuk, demam, maupun sesak nafas. Kemudian pasien dinyatakan positif Covid-19 dari hasil test swab massal yang menyasar klaster daerah zona merah.

BACA JUGA: Protokol Kesehatan Belum Siap, Objek Wisata di Kabupaten Cirebon Belum Dibuka

“Yang bersangkutan juga mempunyai riwayat perjalanan ke daerah yang ditetapkan sebagai zona merah Covid-19,” jelas Nanan.

Setelah dinyatakan sembuh, ungkap Nanan, Gugus Tugas telah mengedukasi pasien tersebut untuk menjalani karantina mandiri sesuai protokol dari Kemenkes RI dan WHO. “Nanti kami pantau juga perkembangan kondisinya secara berkala,” terangnya.

Dengan sembuhnya pasien tersebut, lanjut dia, saat ini jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon tinggal tersisa satu orang. Wakil sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon, Nanang Ruhyana mengatakan, pasien tersebut merupakan kasus ke-16. Menurut Nanang, pasien ke-16 itu berjenis kelamin perempuan dan berusia 41 tahun.

“Pasien masih dirawat intensif di ruang isolasi rumah sakit,” papar Nanang.

Dia menyampaikan, pasien tersebut telah menjalani swab ulang hingga ketiga kalinya. Pihaknya berharap, hasil uji laboraturium spesimen tenggorokan pasien tersebut negatif. “Dia (pasien) mempunyai riwayat perjalanan ke daerah episentrum Covid-19,” katanya.

Nanang menjelaskan, hingga kini kasus Covid-19 jumlahnya mencapai 18 orang. Dari jumlah itu, 14 pasien telah dinyatakan sembuh, dan 3 pasien meninggal dunia. Sedangkan 1 pasien lainnya masih menjalani perawatan medis di ruang isolasi rumah sakit. “Mudah-mudahan segera membaik, dan dinyatakan sembuh sehingga tidak ada kasus Covid-19 lagi di Kabupaten Cirebon,” terang Nanang.

BACA JUGA: Pembukaan Hiburan Hajatan di Kabupaten Cirebon Diperkirakan September

Lebih jauh Nanang menjelaskan, saat ini kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon cukup stabil dalam beberapa hari terakhir. Pasalnya, belakangan ini tidak ada penambahan pasien selama hampir dua pekan. “Kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon tidak bertambah sejak 13 Juni 2020. Jadi sudah 12 hari ini tidak ada lagi penambahan kasus di Kabupaten Cirebon,” paparnya.

Sedangkan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 di Kabupaten Cirebon per hari ini (kemarin) masing-masing bertambah satu orang. Padahal, selama empat hari terakhir jumlah PDP dan ODP di Kabupaten Cirebon tidak bertambah. Gugus Tugas pun langsung bertindak merawat PDP di ruang isolasi rumah sakit dan melakukan test swab. Pihaknya berharap, hasil uji laboraturium dari test swab itu negatif, sehingga kasus Covid-19 tidak bertambah. (Islah)

Comment