by

Pasien Cluster Pasar Sumber Sudah Dipulangkan

KABUPATEN CIREBON, SC- DUA orang pasien terkonfirmasi positif Covid-19 cluster Pasar Sumber telah dinyatakan sembuh. Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arjawinangun Kabupaten Cirebon telah memulangkan satu dari dua pasien tersebut pada Senin (15/6/2020) sekira pukul 12.00 WIB.

Sedangkan satu pasien lainnya telah dipulangkan lebih awal, yakni pada 6 Juni 2020 lalu.

Direktur RSUD Arjawinangun, dr Bambang Sumardi mengatakan, pemulangan kedua pasien tersebut diantar menggunakan mobil ambulance atau PSC 119 Kabupaten Cirebon.

Dengan tambahan dua pasien tersebut, kata Bambang, total pasien yang sudah dipulangkan hingga pertengahan bulan Juni tahun 2020 ini jumlahnya sebanyak 12 pasien. “Di antaranya dua pasien cluster Pasar Sumber dan orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 9 orang dan 1 pasien dalam pengawasan (PDP),” ujar Bambang.

BACA JUGA: Dua Pedagang Pasar Sumber Sudah Negatif, Pedagang Pasar Pabuaran Diperbolehkan Pulang

Dia menjelaskan, kedua pasien cluster Pasar Sumber itu masing-masing berusia 50 dan 73 tahun. Untuk pasien berusia 50, telah menjalani masa perawatan di RSUD Arjawinangun selama 9 hari. Dan pasien kedua yang berusia 73 tahun dirawat hingga 18 hari.

Bambang menyampaikan, pasien yang pertama itu sudah dilakukan swab test dua kali berturut-turut dengan hasil negatif. Sedangkan pasien yang kedua, pengambilan swab test dilakukan hingga tiga kali. “Swab pertama masih positif, tetapi Alhamdulillah yang kedua dan ketiga kalinya hasilnya berturut-turut negatif semua. Makanya pasien ini diperbolehkan pulang,” jelas Bambang.

Lebih jauh, Bambang menjelaskan, gejala klinis kedua pasien tersebut tidak menunjukan gejala klinis apapun yang tidak khas. Namun, meskipun masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG), bersin kecil ataupun batuk sudah masuk dalam gejala virus Corona.

“Kriteria OTG adalah orang yang riwayat kontak dengan penderita (positif). Dan seharusnya kalau orang yang terkonfirmasi, baik itu batuk, pilek, dan bersin-bersin itu termasuk sudah gejala ya,” ungkapnya.

BACA JUGA: Gaduh Abaikan Social Distancing, Ruang DPRD Kabupaten Cirebon Disemprot Disinfektan

Selain pasien sembuh, imbuh Bambang, hingga pertengahan bulan Juni tahun ini pihaknya mencatat satu pasien kategori PDP meninggal dunia. Kemudian 1 orang kategori ODP juga meninggal dunia dan 2 orang dengan kategori ODP masih dalam perawatan.

“Dari bulan Maret hingga 15 Juni 2020 RSUD Arjawinangun sudah menangani sebanyak 107 pasien. Di antaranya pasien dengan kategori ODP 89 orang. Kemudian PDP sebanyak 13 orang serta yang positif 4 orang,” bebernya.

Bambang mengimbau, masyarakat agar tetap mematuhi aturan dan anjuran pemerintah dengan berdiam di rumah. “Jika keluar rumah jangan lupa pakai masker, selalu budayakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), selalu cuci tangan dan selalu jaga jarak serta konsumsi makan-makanan yang bergizi, olahraga, dan istirahat yang cukup,” ungkapnya. (Islah)

Comment