by

Sejarawan Tagih DPRD Kota Cirebon Soal Situs Melangse

KOTA CIREBON, SC- Situs Melangse atau salah satu peninggalan sultan sepuh ke V ini belum ada kejelasan pasca hearing dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cirebon, beberapa bulan lalu.

Hal tersebut disampaikan sejarawan Kota Cirebon, Jajat Sudrajat kepada Suara Cirebon saat ditemui di tempat wisata Taman Sari Goa Sunyaragi, Kota Cirebon, Senin (29/6/2020).

‚ÄúTetapi pada prinsipnya secara sepintas, walaupun baru lisan, pemerintah daerah dalam hal ini DKOKP dan Walikota Cirebon siap untuk merelokasi tempat itu menjadi situs, karena ada Covid, belum ada kelanjutan,” ujarnya.

Jajat menambahkan, dengan ditemukannya struktur bangunan-bangunan lawas oleh para Tim Ahli Cagar Budaya, membuktikan bahwa di Situs Melangse pernah ada aktivitas.

“Karena memang salah satu poin dari balai cagar budaya diketemukan struktur. Artinya kalau ditemukan struktur berarti pernah ada aktivitas,” katanya.

BACA JUGA: DPRD Kota Cirebon Mulai Terima Kunker

Masih dikatakan Jajat, selain dijadikan situs sejarah, Pemda Kota Cirebon akan menjadikan Situs Melangse sebagai salah satu objek wisata di Kota Cirebon.

“Kita tunggu gerakan dari dewan yah, khusunya Komisi III karena yang memberikan batas waktu itu dewan, sementara kita tertunda hampir tiga bulan ini,” ujar Jajat. (M Surya)

Comment