by

Bank Syariah Mandiri Salurkan 1 Sapi Kurban ke IAIN Syekh Nurjati Cirebon

CIREBON, SC- Bank Syariah Mandiri (BSM) menyerahkan 1 sapi untuk kurban di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon, Kamis (30/7/2020). Penyerahan tersebut langsung dilakukan oleh RCEO Bank Syariah Mandiri (BSM) Region IV Bandung, Mahendra Nusanto di kampus setempat.

Dalam kesempatan itu, Mahendra menjelaskan, penyerahan hewan tersebut merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap tahun BSM. Bahkan, realisasi program tersebut merupakan hasil kerjasama pegawai dan nasabah di BSM.

“Kegiatan menjelang Idul Adha ini rutin biasa kita lakukan bersama temen-temen. Ini melibatkan pegawai, nasabah,” jelasnya kepada Suara Cirebon usai penyerahan hewan kurban tersebut di IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Jadi, imbuh dia, para pegawai di lingkungan BSM yang ingin berkurban atau yang ingin bersedekah hewan potong dapat difasilitasi dalam penyalurannya.

BACA JUGA: Habiskan Rp30 M, IAIN Syekh Nurjati Miliki Gedung Termegah di Cirebon

“Dan ini kami laksanakan atau dikelola bekerjasama dengan badan amil zakat Laznas BSM umat yang ada di Jakarta. Dan Alhamdulillah salah satunya disalurkan IAIN (Syekh Nurjati Cirebon) ini. Saya berharap, tentunya kerjasama ini dapat bermanfaat. Buat siapa? tentunya buat masyarakat yang membutuhkan,” kata Mahendra.

Sementara itu, di tempat yang sama, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg mengungkapkan, pemberian hewan kurban tersebut merupakan hasil kerjasama kampus yang dipimpinnya ini dengan BSM.

“Ini adalah bentuk kerjasama kami dengan BSM yang Insya Allah kami tasyarufkan di lingkungan IAIN (Syekh Nurjati Cirebon) dan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Selain itu, kata Sumanta, kerjasama ini juga merupakan tanggung jawab sosial bersama terhadap lingkungan dan masyarakat. Bahkan, hal ini juga merupakan reverensi dari ajaran agama untuk berkurban. Sehingga, semuanya dapat saling bersinergi dan saling membantu antar sesama.

“Bantuan yang disalurkan BSM ini sudah berjalan 2 tahun sekarang. Tahun kemarin 1 sapi, dan sekarang 1 sapi. Setelah dipotong nanti dagingnya akan disalurkan ke mustahiq dan masyarakat di sekitar kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon,” terangnya.

BACA JUGA: Siap Jalin Kerjasama Lebih Besar, Bank CIMB Niaga Syariah Serahkan 4 Hewan Qurban ke IAIN Cirebon

Sumanta juga memaparkan, saat ini sudah terkumpul 9 hewan kurban di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Kesembilan tersebut yaitu terdiri dari, 3 kambing dari dharma wanita kampus setempat, 1 kambing dari Bank BRI, 4 kambing dari Bank CIMB Niaga Syariah, dan 1 sapi dari Bank Syariah Mandiri (BSM).

“Biasanya itu nanti ada tambahan lagi. Jumlah tersebut masih sementara,” paparnya.

Dalam pemotongan nanti, tambah Sumanta, karena situasi saat ini masih pandemi Covid-19, maka pihaknya akan menerapkan protokoler kesehatan sesuai peraturan yang telah ditetapkan pemerintah. Hal itu dilakukan untuk menghindari, mencegah, dan memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Dalam pemotongan pun kami akan menerapkan protokol kesehatan seperti peraturan yang telah ditetapkan pemerintah. Seperti dagingnya nanti tidak diambil, melainkan diantarkan kepada penerimanya,” jelasnya.

Dia mencontohkan, 3 kambing dari Dharma Wanita IAIN Syekh Nurjati Cirebon itu, 2 di antaranya sudah disalurkan ke Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) yang berada di sekitar kampus bukan berbentuk daging, melainkan dalam bentuk hewan. Sedangkandan 1 kambing diserahkan ke masjid IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

“Itu dilakukan agar tidak menimbulkan kerumunan. Jadi kami akan menerapkan protokol kesehatan seperti yang sudah ditetapkan pemerintah,” pungkasnya. (Arif)

Comment