by

Dinkes Kota Cirebon Harus Waspada

KOTA CIREBON, SC- Melonjaknya kasus positif Covid-19 di Kota Cirebon sudah diprediksi sejumlah pihak. Hal itu dikarenakan adanya pelonggran PSBB secara nasional yang dilakukan oleh setiap daerah. Namun kebijakan pelonggaran PSBB ini pun merupakan kebijakan pemerintah dengan mempertimbangkan semua aspek, terutama aspek ekonomi dan sosial. Demikian yang disampaikan Anggota Komisi III DPRD Kota Cirebon dan Anggota Pansus Covid-19, Fitrah Malik kepada Suara Cirebon melalui pesan singkat, Minggu (5/7/2020).

Menurutnya, selama pandemi ini, Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon terus berupaya untuk menekan penyebarana Covid-19 kepada semua pihak, termasuk masyarakat untuk lebih berhati-hati dan mengikuti standar protokol kesehatan. Bahkan, pemerintah Kota Cirebon pun sudah berupaya dengan maksimal untuk menekan jumlah kasus Covid-19. Namun hal itu harus ditunjang dengan kesadaran masyarakat untuk mengikuti standard protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

“Ini memang dilema buat kita semua, ketika pemerintah memperketat atau terus memberlakukan PSBB, ini akan berdampak juga terhadap masyarakat yang sudah bosan dan lelah dalam kondisi perekonomian yang sulit akibat pandemi. Dan ketika pelonggaran ini diberlakukan sangat memungkin kasus Covid-19 akan bertambah lagi,” kata Fitrah.

Untuk itu, dia mengingatkan, kepada masyarakat agar tetap waspada, berhati-hati, dan sadar bahwa Covid-19 sangat berbahaya, karena secara kasat mata virus ini wujudnya tidak dapat dilihat.

“Penyeberannya karena tidak terlihat, tetap ikuti protokol kesehatan, sering-sering mencuci tangan, menggunakan masker, dan hindari kontak fisik langsung dengan tetap menjaga jarak,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pansus Covid-19 DPRD Kota Cirebon, dr Tresnawaty menambahkan, dengan melonjaknya kasus positif ini, Dinas Kesehatan Kota Cirebon harus meningkatkan kewaspadaannya terhadap penyebaran virus ini.

BACA JUGA: Minimalisir Penyebaran, 4 Kelurahan Disemprot

“Harus lebih waspada Dinas Kesehatan ini, karena masih banyak warga yang aktif keluar rumah, intinya harus tetap waspada,” tegasnya.

Dia mengungkapkan, pelonjakan kasus positif Covid-19 ini tidak hanya terjadi di Kota Cirebon. Bahkan, secara nasional, jumlah kasus positif per hari juga terus mengalami penambahan. “Intinya masyarakat harus menjaga diri agar tidak tertular dan menularkan,”pungkasnya. (M Surya)

Comment