by

Menolak RUU Haluan Ideologi Pancasila, Elemen Masyarakat di Majalengka akan Turun ke Jalan

MAJALENGKA, SC- Sejumlah elemen organisasi massa dan kepemudaaan di Kabupaten Majalengka berencana akan melakukan aksi unjuk rasa damai di depan gedung DPRD Majalengka, Kamis (2/6/2020). Berbagai elemen tersebut mengusung satu tuntutan yang sama menolak Rancangan Undang Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

Elemen ormas yang sudah memastikan untuk melakukan aksi bersama ke gedung DPRD Majalengka diantaranya, Ormas Pemuda Pancasila, Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI), Front Pembela Islam (FPI), Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu (GRIB) dan sejumlah elemen masyarakat lainnya.  

Ketua MPC Pemuda Pancasila Majalengka,Enther Nizar mengatakan,aksi yang akan dilakukan oleh berbagai elemen tersebut mengusung satu tujuan, yakni menolak RUU HIP. ”Tidak ada agenda lain dari aksi yang akan kami lakukan bersama elemen masyarakat Majalengka besok, satu tuntutan kami hentikan pembahasan RUU HIP,” tegasnya, Rabu (1/7/2020).

Menurut Enther bagi bangsa Indonesia, Pancasila sudah final.Tidak perlu diutak-atik kembali dengan berbagai dalih. Karena hal itu justeru dapat memunculkan permasalahan dan persoalan bagi bangsa Indonesia.

“Kita sudah sama-sama menyaksikan banhwasanya Pancasila mampu mempersatukan anak-anak bangsa ini dalam menghadapi berbagai persoalan kebangsaan selama ini,” tandasnya.

Yayat dari GMBI Majalengka mengatakan, persiapan untuk melakukan aksi menolak RUU HIP sudah dilakukan, termasuk izin dari kepolisian. “Sudah dilakukan semuanya,semua prosedur sudah kami tempuh termasuk izin dari Polres,dan aksi yang kami lakukan akan berjalan dengan damai,” katanya.

Ia menjelaskan, aksi yang akan dilakukan GMBI bersama elemen masyarakat kabupaten Majalengka lainnya tidak mengusung tuntutan apapun selain akan meminta kepada DPRD Majalengka untuk bersama-sama menolak RUU HIP.

BACA JUGA: Pemuda Pancasila Majalengka Tolak RUU HIP

“Kami sudah bersepakat bahwa, akasi yang akan dilakukan nanti bukan untuk hal yang lain, atau membawa issu-issu yang terjadi di daerah. Satu yang akan kami tuntut hentikan pembahasan RUU HIP, Pancasila sudah final,” ujarnya.

Rencananya massa dari berbagai elemen ini akan berangkat dari sekretariatnya masing-masing, dan menjadikan kawasan alun-alun atau Masjid Al Iman sebagi titik kumpul sebelum melakukan  aksi ke kantor DPRD Majalengka. (Dins)

Comment