by

Warga Pesisir Panjunan Protes “Uang Debu” Batu Bara

KOTA CIREBON, SC- Puluhan warga Pesisir Panjunan Kota Cirebon menggeruduk Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Cirebon, menuntut uang penanggulangan debu batu bara yang menjadi tanggung jawab pihak pengelola pelabuhan, Selasa (22/9/2020).

Perwakilan warga, Agus Aryanto mengatakan, selama ini uang penanggulangan debu batu bara sebagai kompensasi, sampai saat ini tidak pernah memberikan pihak Pelabuhan Cirebon kepada masyarakat yang terdampak debu batu bara.

“Harusnya pihak perusahaan memberikan uang penanggulangan itu  kepada masyarakat, agar dapat melindungi keluarga mereka  masing-masing,” kata Agus kepada awak media.

Menurut Agus, uang kompensasi itu seharusnya dikelola masyarakat Pesisir Panjunan. Pasalnya, Agus menyebut, mereka lebih mengetahui dan terdampak langsung akibat dari aktivitas bongkar muat batu bara di Pelabuhan Cirebon tersebut.

“Ini belum jelas siapa yang bertanggung jawab atas paparan debu batu bara ini, siapa yang bertanggung jawab kami masyarakat tidak tahu harus kemana protesnya?” tanya Agus.

Agus menduga tidak ada tidak ada nota kesepakatan siapa yang menunjuk dan memberikan rekomendasi tentang uang penanggulangan debu yang dilakukan oleh Koperasi Pusaka.

“Kami masyarakat belum tahu nih, MoU-nya bagaimana, nilainya bagaimana, siapa yang memberikan rekomendasi dari perwakilan kami masyarakat kepada mereka sehingga kami patut menanyakan,” tegasnya.

Agus juga mengakui belum tahu persis siapa yang mengelola uang debu, yang seharusnya diberikan kepada masyarakat yang terdampak debu batu bara.

“Justru kami belum tahu, hanya mendengar ‘katanya’ tapi nota kesepakatannya kami masyarakat Panjunan belum pernah menerima,” katanya.

Tambah Agus, jika uang kompensasi ini tidak diberikan, pihaknya memohon petunjuk kepada Pelabuhan Cirebon, harus melakukan strategi seperti apa untuk melindungi dari paparan debu batu bara.

Dirinya dan masyarakat pesisir berharap bisa bertemu langsung dengan unsur pimpinan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan ( KSOP ) Cirebon.

BACA JUGA: Forum Panjunan Protes Debu Batu Bara Pelabuhan

“Kita pengen duduk bareng, antara perwakilan masyarakat baik forum RW, forum panjunan bersatu, dengan mereka,” kata Agus.

Pantauan Suara Cirebon, puluhan masyarakat dari pesisir Panjunan melakukan aksi bakti sosial bersih – bersih lingkungan di area Pelabuhan Cirebon. Masing-masing warga membawa sapu lidi, dan sekop. 

Aksi bersih-besih lingkungan ini, untuk mengingatkan semua intansi yang terkait di dalam Pelabuhan Cirebon bertanggung jawab atas pencemaran lingkungan dampak dari bongkar muat batu bara. (M Surya)

Comment