by

Bupati Hadiri Launching Aplikasi SIMAK

KUNINGAN, SC- Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. Launching Aplikasi Sistem Informasi Masyarakat Kertayasa (SIMAK) dengan mengusung tema “Masyarakat Panuju, Kertayasa Maju”. Acara ini dilaksanakan di Desa Kertayasa, kemarin.

Hadir juga Ketua Tim Penggerak PKK, camat Sindangagung, para kepala desa se-Kecamatan Sindangagung, Muspika Kecamatan Sindangagung, kepala Desa Kertayasa beserta jajaran, BPD, LPM, PKK, RT, RW, lembaga kemasyarakatan, tokoh masyarakat, tokoh agama serta undangan lainnya.

Seperti dilansir situs resmi Diskominfo/Humas Pemkab Kuningan, menurut Bupati Kuningan, H Acep Purnama, tahun 2020 merupakan tahun ke-6 implementasi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Dari beberapa catatan lompatan kemajuan yang secara nyata pada peningkatan infrastruktur perdesaan secara signifikan, yang kemudian diikuti dengan tumbuh dan berkembangnya potensi-potensi desa terutama munculnya beberapa desa wisata serta mulai tumbuh cikal bakal badan usaha milik desa.

“Menjadi tantangan ke depannya bagaimana desa mampu secara signifikan meningkatkan kualitas SDM masyarakat sehingga mampu melahirkan masyarakat yang sehat, cerdas, kreatif, inovatif dan produktif guna mewujudkan peningkatan perekonomian masyarakat menuju kemandirian ekonomi,” tandas Bupati Acep.

Dijelaskan, Kuningan merupakan kabupaten dengan tingkat kondusifitas yang tinggi hal ini didorong oleh budaya masyarakat yang agamis ramah serta memiliki kepedulian tinggi dalam upaya pembangunan. Semangat untuk membangun telah ditunjukkan oleh pemerintah dan masyarakat Desa Kertayasa salah satunya adalah melalui penciptaan sebuah aplikasi.

Dengan adanya aplikasi android berbasis web ini dimaksudkan untuk memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat dalam memenuhi hak-hak sebagai masyarakat untuk mengetahui kinerja pemerintah desa dan meningkatkan pelayanan masyarakat. Dan diharapkan seluruh komponen masyarakat dapat memaksimalkan fungsinya secara bijak guna menunjang kemajuan desa kertayasa di masa yang akan datang.

BACA JUGA: Penyandang Disabilitas Pelatihan Keterampilan

Bupati Kuningan dalam kesempatan ini mengucapkan selamat kepada pemerintah dan masyarakat Desa Kertayasa yang telah memiliki aplikasi yang diberi nama “SIMAK”. Sekaligus me-launching aplikasi ini secara resmi untuk dimulai penggunaannya.

“Desa Kertayasa akan selangkah lebih maju dalam upaya mewujudkan desa yang maju, mandiri sejahtera demokratis dan berkeadilan, sehingga mampu mendukung upaya pencapaian visi kuningan maju berbasis desa,” tutur bupati Kuningan. (Lis)

Comment