by

RSD GJ Siap Tambah Ruang Isolasi Covid-19

KOTA CIREBON, SC- Direktur RSD Gunung Jati Cirebon, dr Ismail Jamalludin mengatakan, dengan semakin meningkatnya jumlah kasus postif Covid-19 terutama yang memerlukan perawatan, maka diperlukan penambahan kapasitas tempat tidur untuk pasien rawat inap.

Sebagai rumah sakit (RS) rujukan penanganan Covid-19, menurut Ismail, Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati harus siap menjalankan kebijakan yang ditetapkan pemerintah.

“Peningkatan kapasitas tempat tidur untuk perawatan Covid-19 atau menjadikan RSD Gunung Jati sebagai RS Khusus Covid-19 memerlukan dukungan dari berbagai pihak terkait dan regulasi yang tepat, persiapan sarana, prasarana, serta ruangan yang sesuai kaidah pencegahan dan penanggulangan infeksi, SDM tenaga kesehatan yang kompeten dan terutama biaya,” kata Ismail kepada Suara Cirebon, Jumat (27/11/2020).

Ismail menyebut, sebanyak tiga ruangan sudah disiapkan di RSD Gunung Jati Cirebon untuk menangani pasien positif Covid-19.

“Saat ini ruang rawat inap yang tersedia untuk perawatan Covid19 ada tiga yakni, Ruang Teratai (dua lantai) dan Ruang Flu Burung. Penambahan saat ini yang sedang berproses di Ruang Prabu Siliwangi Lantai 1,” kata Ismail.

Sebelumnya RSD Gunung Jati Cirebon telah menyiapkan ruang dengan jumlah 76 tempat tidur untuk isolasi pasien positif Covid-19.

“Sedang proses penambahan 20 tempat tidur sehingga total akan tersedia 96 tempat tidur,” ujar Ismail.

Ismail memastikan, dengan penambahan 20 tempat isolasi itu, masih memungkinkan adanya penambahan tempat tidur dengan kisaran 150-200 tempat tidur.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Agus Mulyadi yang juga Ketua Harian Satgas Covid-19 melakukan peninjauan langsung kesiapan RSD Gunung Jati untuk menambah tempat isolasi.

“Peninjaun ini untuk memastikan kesiapan dan berapa jumlah ruang tempat tidur yang masih tersedia sampai saat ini,” kata Agus.

Pantauan Suara Cirebon, Sekda Kota Cirebon yang didampingi Sekretaris Dinas Kesehatan dr Kartibi, Asisten Daerah Sutisna dan Direktur RSD Gunung Jati dr Ismail Jamalludin, langsung meninjau ruang Prabu Siliwangi di lantai satu.

BACA JUGA: Satgas Covid-19: RSGJ Tambah 20 Ruang Isolasi

“Ruang Prabu Siliwangi ini yang direncanakan menjadi ruang isolasi dengan kapasitas 20 tempat tidur,” kata Agus Mulyadi.

Tak hanya itu, rombongan pun meninjau ruang isolasi teratai. Agus berharap RSD Gunung Jati segera melakukan penambahan sarana dan prasarana di ruang Prabu Siliwangi.

“Harus segera karena, kita sangat terbatas,” tandasnya. (Surya)

Comment