by

Ading Bontot, Jawara Festival Dalang Muda

PRESTASI gemilang dicapai  Ading Bontot, dalang muda asal Kabupaten Majalengka. Ading Bontot berhasil menoreh prestasi di tengah Pandemi Covid-19, sebagai juara dalam festival virtual dalang muda dan anak tingkat nasional tahun 2020.

Pretasi gemilang Ading Bontot disampaikan Kepala Bidang Kebudayaan Disparbud Kabupaten Majalengka, Mumu Rudi Harto  kepada wartawan. “Alhamdulillah dalang muda dari grup wayang golek Campaka Bodas Majalengka, menjadi dalang terbaik, dalam festival virtual dalang muda,  Rabu (18/11/2020).

Menurut Mumu, sebelumnya, dalang Ading Bontot, terlebih dahulu diambil gambarnya dan tayang live streaming di youtube Pepadi Nasional, yang dimulai sejak tanggal 7 November hingga 13 November 2020.

Penampilan dan pembawaan yang santai, namun tidak mengurangi pakem ilmu pedalangan mampu menarik perhatian juri. Hingga akhirnya diputuskan menjadi juara festival virtual dalang muda dan dalang anak tingkat nasional tahun 2020 untuk kategori dalang sabet terbaik.

“Penampilan Ading Bontot sangat memikat para juri, hingga menetapkannya menjadi yang terbaik katagori dalang sabet,” jelasnya.

Mumu menjelaskan, Sabet sendiri merupakan semua bentuk ekspresi dalang lewat gerak wayang dalam pertunjukan sesuai dengan karakter tokoh dan suasananya. Sabet merujuk pada semua olah gerak wayang yang dimainkan oleh dalang.

Karakter dan suasana seorang tokoh wayang dapat dikenali dari gerak-gerik wayang di kelir dan sabet merupakan unsur pementasan wayang yang menyentuh aspek visual, khususnya bagi penonton. Kelincahan seorang dalang memainkan gerak wayang menjadi aspek penting dalam konsep sabet.

“Bagian tubuh wayang yang bisa digerakkan oleh dalang adalah tangan. Dalam menggerakkan wayang, dalang akan menggoyangkan tubuh wayang disertai gerakan tangan wayang,” jelasnya. (Dins/SC) 

Comment