by

IAIN Cirebon Berjuang Wujudkan Program Besar untuk Masyarakat dan Pembangunan

CIREBON, SC- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon tengah berusaha mewujudkan sejumlah program besar, salah satunya yaitu transformasi lembaga dari IAIN menjadi Universitas Islam Negeri (UIN), alih status dari Satuan Kerja (Satker) Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), dan pembangunan kampus II di Indramayu.

Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg mengungkapkan, tujuan utama mewujudkan program-program yang telah dicanangkan tersebut, salah satunya adalah untuk memberikan kontribusi dan menyahuti kebutuhan masyarakat di bidang pendidikan khususnya di wilayah III Cirebon.

“Jadi dengan kita bertransformasi menjadi UIN, bukan hanya melayani ilmu-ilmu agama, tapi juga dalam tanda kutip ilmu-ilmu umum. Karena memang sesungguhnya ilmu agama dan umum itu kan sama bersumber dari Allah SWT,” kata Sumanta kepada Suara Cirebon, Kamis (12/11/2020).

BACA JUGA: Transformasi Lembaga Jadi Kebutuhan, UIN Cirebon dapat Menjadi Icon Pendidikan Islam

Sumanta memaparkan, ilmu-ilmu agama tersebut telah dipelajari di berbagai program studi IAIN Syekh Nurjati Cirebon, seperti Program Studi Aqidah Filsafat, Tafsir Hadis, dan sejumlah program studi lainnya. Sedangkan ilmu umum tersebut, seperti Program Studi Matematika, Kimia, dan sejumlah program studi lainnya.

“Saat ini IAIN Syekh Nurjati Cirebon memiliki 24 program studi dari 3 fakultas dan ini akan terus berkembang sejalan dengan transformasi menjadi UIN. Semoga berbagai rencana yang kita buat tersebut dapat berjalan dengan lancar dan dapat menyahuti keinginan masyarakat dan berkontribusi terhadap pembangunan, khususnya bidang pendidikan di negeri ini,” pungkasnya. (Arif)

Comment