by

Jadi Tempat Isolasi Mandiri Bupati Cirebon, Kadinkes: Pendopo Kabupaten Di-lockdown 14 Hari

KOTA CIREBON, SC- Pendopo Kabupaten yang menjadi Rumah Dinas Bupati Cirebon di Jalan Kartini Kota Cirebon langsung di-lockdown, menyusul kondisi kesehatan Bupati Cirebon, H Imron yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon, Hj Enny Suhaeni mengatakan, lockdown atau Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) itu diberlakukan selama Bupati menjalani karantina mandiri di Pendopo Kabupaten.

“Selama beliau (Imron, red) masih isolasi mandiri selama 14 hari, lockdown,” kata Enny, Rabu (2/12/2020).

Menurutnya, Imron masih menjalani karantina mandiri pascates usapnya menunjukkan adanya paparan virus SARS-CoV-2, penyebab penyakit menular Covid-19. Saat ini, lanjut Enny, tim medis masih melakukan pemeriksaan lanjutan.

“Jika kondisinya cukup baik, maka Pak Bupati akan terus menjalani karantina mandiri,” ujarnya.

Sebagaimana lazimnya masa karantina mandiri, menurut Enny, selama dua pekan. Pada pekan pertama, kondisi Imron akan diperiksa kembali. Bila masih positif dan dalam kondisi baik, pasien akan terus menjalani karantina mandiri.

“Kemudian (pekan ke-2, red) dicek lagi, masih positif atau sudah negatif. Kalau negatif berarti sembuh, kalau positif ya terus karantina,” terangnya.

Dijelaskan Enny, pihaknya telah melakukan penelusuran (tracing) terhadap warga yang kontak erat dengan Imron. Oleh karena itu, dia meminta warga yang merasa pernah berinteraksi dengan Bupati selama 14 hari ke belakang, siapapun orangnya, agar memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat atau Dinkes Kabupaten Cirebon.

“Bagi yang pernah kontak dengan Pak Bupati pada 14 hari ke belakang, silahkan datang ke puskesmas terdekat atau langsung ke Kantor Dinkes,” ucapnya.

Berdasarkan data yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon, hingga Rabu (2/12/2020) tercatat, penambagan kasus terdeteksi positif Covid sebanyak 104 pasien Covid-19 baru. Di antara mereka, terdapat balita berusia 3 tahun, anak-anak berusia 7-8 tahun, juga remaja. Selain itu guru dan  tenaga kesehatan, beberapa di antaranya ada juga klaster pesantren.

BACA JUGA: Bupati Cirebon Positif Covid-19

Sementara, tak sedikit pula mereka yang terkonfirmasi positif merupakan pasien yang sebelumnya berstatus suspek, baik yang dirawat di rumah sakit maupun yang menjalani karantina mandiri.

Secara keseluruhan, warga Kabupaten Cirebon yang terkonfirmasi Covid-19 mencapai 2.562 orang. Mereka terdiri dari 1.461 pasien tanpa gejala dan 1.101 pasien bergejala. Dari jumlah itu, 150 orang meninggal dunia. Sementara, 946 orang masih dalam perawatan di rumah sakit maupun karantina mandiri dan 1.466 orang dinyatakan sembuh. (Islah)

Comment