by

Tertunda Karena Covid, Shelter PMKS Mulai Dibangun 2021

KOTA CIREBON, SC- Tahun 2021, lahan kosong, tepatnya di belakang gedung Korpri Kota Cirebon akan dibangun shelter Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon.

Pengerjaan yang seharusnya dilakukan tahun 2020 ini, tertunda akibat dana APBD Kota Cirebon terkena refocusing anggaran untuk penanganan wabah covid-19.

Hal tersebut disampaikan Kepala DSPPPA Kota Cirebon, Santi Rahayu melalui Kepala Bidang Sosial, Aria Dipahandi saat ditemui Suara Cirebon di ruang kerjanya, Senin (7/12/2020).

“Rencana pembangunan shelter PMKS di tahun 2020 tertunda karena dananya terkena recofushing untuk penanganan Covid-19, tapi kita sudah ajukan lagi untuk pengerjaan tahun 2021,” kata Aria.

Adapun dana yang disiapkan Pemkot melaui APBD 2021 untuk pembangunan shelter ini senilai Rp1 miliar, dengan memanfaatkan lahan kosong belakang Gedung Korpri.

“Pemilihan lahan untuk dibangun shelter ini karena lokasi dekat dengan kantor DSPPPA, untuk pengerjaan pembangunan kita bekerja sama dengan Dinas PUPR Kota Cirebon,” tuturnya.

Lebih lanjut, kata Aria, pembangunan shelter ini akan menyerupai rumah singgah, dengan empat ruang kamar tidur dan diperuntukkan bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial.

“Dikelompokkan berdasarkan golongan seperti anak terlantar, anak jalanan, pasien pascarawat, dan penyandang kesejahteraan lain,” tambah Aria.

Sementara itu terpisah, Kepala Dinas PUPR Kota Cirebon, Syaroni menyampaikan, pembangunan Shelter PMKS sudah termasuk dalam rencana kerja anggaran (RKA).

“Di tahun 2020 sebelum kena refocussing anggaran sebesar Rp87 miliar, tahun 2021 nanti hanya Rp64 miliar,” kata Syaroni.

BACA JUGA: Pembangunan Shelter Gelandangan Mundur

Tahun depan, menurut Syaroni, Dinas PUPR hanya terfokus pada program-program yang dibiayai APBD Kota Cirebon salah satunya adalah pembangunan Shelter PMKS.

“APBD tahun 2021 ini, lebih di dominasi pada Bidang Cipta Karya. Di antaranya pembangunan Shelter PMKS, finishing pembangunan Gedung Disdukcapil, rehab Gedung Korpri, Pembangunan Depo Arsip, finishing Gedung Indag, dan finishing Lapangan Kebumen,” tandasnya. (Surya)

Comment