by

Pandemi Lanjut, Prestasi SMPN 1 Sumber Tak Surut

KABUPATEN CIREBON, SC- SMP Negeri 1 Sumber terus mendapatkan prestasi yang membanggakan dalam situasi pandemi Covid-19 ini. Berbagai prestasi dan penghargaan telah diraih oleh siswa dan siswinya, baik di kancah regional maupun nasional.

Wakasek Kesiswaan SMP N 1 Sumber, H Subhan Jamal, mengatakan, meskipun saat ini masih dalam keadaan pandemi, namun, hal itu tidak menyurutkan semangat siswa dalam belajar dan meraih berbagai prestasi.

“Untuk tahun ajaran 2020-202, khususnya saat pandemi, siswa kami banyak yang mendapatkan prestasi, yang terbaru, yaitu minggu kemarin, dari perlombaan tingkat Kabupaten yang diselenggarakan oleh Disbudparpora Kabupaten Cirebon, Alhamdulillah ada enam siswa yang mendapatkan prestasi juara,” paparnya saat ditemui Suara Cirebon di sekolahnya, Selasa (8/12/2020).

Adapun, lanjut Subhan, untuk nama-nama siswa yang berhasil menorehkan prestasi itu adalah Zaskia Rahma (7C) juara 1 lomba lukis kaca, Farah Fadila (9D) juara 3 lomba lukis kaca, Aishfa Audrey (7J) juara 2 lomba literasi, Naila Tazkia (9G) juara 3 lomba literasi, Della Rizki Aulia (9C) juara harapan 1 lomba literasi, dan Humairo ‘Izzati (9E) juara harapan 3 lomba literasi.

“Selain itu, ada lagi juara 1 lomba renang di tingkat nasional mewakili Kabupaten Cirebon, namanya Rico tahun lalu sebelum pandemi, ada juga lomba tata upacara bendera di tingkat nasional tahun lalu mendapatkan prestasi. Tahun sekarang karena kondisinya kayak gini jadi banyak yang ditunda perlombaannya,” ujarnya.

Kendati demikian, kata Subhan, ia menaruh rasa optimis terhadap para siswanya, jika tahun depan ada perlombaan lagi. Pasalnya, ia menilai bahwa siswanya itu banyak yang memiliki kemampuan dan keahlian di berbagai bidang, baik bidang olahraga, akademisi, maupun seni.

“Malah banyak siswa kita yang dijagokan kalo ada perlombaan, khususnya di cabang olahraga, yaitu renang untuk di tingkat nasional bisa melanjutkan seperti tahun lalu, namun sayang tahun sekarang ajang itu tidak ada,” jelasnya.

BACA JUGA: KBM Tatap Muka SMPN I Sumber Dihentikan

Namun, Subhan mengaku bahwa dirinya tetap bersyukur dan bangga terhadap pencapaian prestasi yang diraih oleh beberapa siswanya. Ia menganggap itu sebagai tantangan dan motivasi ke depannya agar siswanya dapat berprestasi lagi.

“Ya jujur saja, buat saya pribadi menjadi kebanggaan tersendiri, dalam artian prestasi yang diraih tidak cukup hanya di tingkat kabupaten saja, tapi harapannya bisa mendominasi di tingkat provinsi, nasional, bahkan internasional,” pungkasnya. (Yusuf)

Comment