by

Gapura Sumber Ambruk Sebagian

KABUPATEN CIREBON, SC- Gapura Sumber yang  berada di Jalan Sultan Agung, Sumber, Kabupaten Cirebon, ambruk sebagian, Kamis (10/12/2020).

Warga setempat, Rini mengkhawatirkan terjadinya runtuhan susulan terhadap gapura tersebut. Pasalnya, bangunan itu sudah tua dan tak kokoh lagi.

“Pas di dalam rumah, bruk! bangunan itu roboh, saya kaget. Semua orang yang berada di deket gapura ini kaget mendengar suara yang kenceng,” ujarnya kepada Suara Cirebon saat ditemui di rumahnya.

Menurut saksi lain, Ica pemilik warung yang tepat berada di samping Gapura itu mengatakan, robohnya Gapura terjadi pada pukul 13.49 WIB. Setelah roboh, lanjut Ica, dirinya melaporkan ke beberapa pihak, yaitu kepada Polisi setempat, Dishub, dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon.

“Sebelumnya memang sudah mengalami retak gapuranya, dari kemarin-kemarin, sejak tanggal 8 Desember itu awal retaknya, saya lihat di CCTV,” paparnya.

Dikatakan Ica, tidak ada korban yang tertimpa runtuhan bangunan tersebut. Namun, Ica mengaku masih mengkhawatirkan adanya runtuhan yang lebih besar.

“Ada sebelumnya sopir angkot yang deket gapura, hampir tertimpa kalo tidak pindah, tapi Alhamdulillah selamet,” katanya.

Setelah menerima laporan, Kepala DLH Kabupaten Cirebon, Fitroh melalui Staf Taman bagian eksekusi, Junaedi langsung menuju lokasi Gapura tersebut.

Junaedi mengatakan, pihaknya akan segera mengevakuasi puing-puing bangunan dan melakukan tindakan antisipasi secara cepat.

BACA JUGA: Pembangunan Tower 6 SUTET Harus Terus Berjalan

“Tadi sudah menerima perintah, diminta langsung ke lokasi untuk memantau langsung kejadian, insyaa Allah hari ini juga akan melakukan evakuasi dan pencegahan  agar tidak terjadi runtuhan susulan,” tandasnya.

Berdasarkan pantauan Suara Cirebon, terlihat masih ada runtuhan-runtuhan kecil dari tembok tiang Gapura tersebut. Hal itu dapat membahayakan pengemudi kendaraan atau orang yang melintas di bawah Gapura itu. Namun, akan ada tindakan cepat dari pemerintah untuk mengatasi masalah tersebut. (Yusuf)

Comment