by

Pabrik Rotan PT Tanah Mas Terbakar

KABUPATEN CIREBON, SC- Sebuah tempat usaha PT Tanah Mas Industri Comunica yang bergerak pengelolaan rotan di Jalan Ki Gede Cangkring, Desa Kaliwulu, Kecamatan Plered, Kabuaten Cirebon, terbakar, Senin (14/12/2020).

Kasi Tanggap Darurat Damkar Kabupaten Cirebon, Eno Sujana mengatakan, kebakaran di PT Tanah  Mas Industri Comunca yang bergerak pengelolaan rotan itu diduga disebabkan korsleting listrik.

Menurut Eno, sumber api awalnya diketahui karyawan yang sedang beraktivitas. Saat itu terjadi percikan api dari lampu neon pada tempat finishing yang berada sebelah barat.

“Api terus berkobar di dalam gudang, kemudian salah satu karyawan berusaha memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya,” kata Eno Sujana kepada Suara Cirebon.

Pada saat dipadamkan menggunakan alat pemadam api ringan (apar), ada beberapa percikan bara api yang jatuh mengenai bahan yang mudah terbakar (cairan tiner) sehingga api terus membesar merembet mengenai dua tempat finishing lainnya yang berada di sebelah timur. Sambil memadamkan api karyawan pun meminta bantuan ke Pos Damkar terdekat.

BACA JUGA: Rumah Warga Jemaras Lor Ludes Terbakar

Mendapat laporan dari salah satu karyawan, satu regu Pemadam dari Pos Jaga Weru langsung menuju lokasi dan melakukan pemadaman serta meminta bantuan tambahan dari Pos Jaga Sumber.

ÔÇťAkibat kebakaran tersebut, sejumlah matrial terbakar khususnya bahan baku finishing. Sementara untuk kerugian belum dapat diketahui, dan tidak ada korban jiwa,” tandasnya. (Kirno)

Comment