by

PDIP Siap Rebut Kursi Wali Kota

KOTA CIREBON, SC- Jabatan kepala daerah diwilayah III Cirebon atau Ciayumajakuning telah dikuasai Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), kecuali Kota Cirebon. Meski demikian, dengan tageline “Mari Bung Kita Rebut Kembali”, PDIP merasa optimis dan yakin PDIP Kota Cirebon akan meraih kemenangan pada Pilkada mendatang.

Demikian disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Cirebon Fitria Pamungkaswati kepada Suara Cirebon, usai kegiatan sosial donor darah yang diselenggarakan, di kantor DPC PDIP Kota Cirebon, Jl Diponegoro, Minggu (27/12/2020). “Saya sangat optimis, khususnya untuk PDI Perjuangan Kota Cirebon, untuk bisa merebut kembali kemenangan, kejayaan PDI Perjuangan yang pernah ada,” ujar Fitria.

Wakil ketua DPRD Kota Cirebon itu mengungkapkan, PDIP Kota Cirebon pernah memimpin Kota Cirebon selama dua periode. Karena itu, dirinya optimis PDIP akan kembali merebut kemenangan dan kejayaan.

Saat disinggung perihal keinginan partai agar dirinya maju sebagai kandidat Wali Kota Cirebon pada Pilkada mendatang, Fitria enggan menjawab. Ia meminta wartawan menanyakan hal itu kepada ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono yang juga hadir lokasi kegiatan. “Ada ketua DPD nih soalnya, coba tanya saja ya soal itu ke ketua DPD saja yah, saya tidak berhak berkomentar,” tukas Fitria.

Menanggapi hal itu, Ono Surono yang berada disamping Fitira, menyampaikan, untuk Pilkada di Kota Cirebon mendatang, PDIP punya mekanisme yang sesuai peraturan partai terkait dengan penjaringan calon kepala daerah. Dalam aturan tersebut, kata Ono, PDIP akan memprioritaskan seorang kader dan harus diuji dulu. “Seberapa mampu, yang pertama dia yang mengelola partai, kedua dia memiliki pengetahuan terhadap persoalan rakyat,” papar Ono.

Menurutnya, jika PDIP Kota Cirebon memiliki kader yang sesuai dengan syarat atau kriteria yang telah ditentukan, pihaknya tidak akan melakukan penjaringan terhadap figur-figur yang lain. “Misalnya ketua DPC ibu Fitria, saat ini mempunyai tugas membangun soliditas partai dari tingkat DPC sampai ke pengurus anak ranting, sehingga ibu Fitria mempunyai tugas itu dulu. Setelah solid kita akan lihat, dan pasti mekanisme itu akan dijalankan oleh partai,” terang Ono.

Selama DPD PDIP Jabar di ketuai Ono, pada Pilkada serentak kemarin dari delapan daerah di Jawa Barat, PDIP unggul di empat daerah. Keempat daerah itu yakni, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Tasikmalaya.

Karena itu, pada pilkada di Kota Cirebon nanti Ono optimis PDIP akan menang dan merebut kembali kejayaan yang pernah didapatkan PDIP. “Kita optimis Pilkada kedepan di Kota Cirebon akan kami menangkan, karena mesin partai bergerak. Sehingga mesin partai ini benar-benar kami benahi, kita persiapkan dan berkolaborasi serta bersinergi dengan rakyat. Kita pastikan kita bisa memenangkan Pilkada di Kota Cirebon,” pungkasnya. (Surya)

Comment