by

Imron Tetap Pimpin Langsung Pemerintahan

KABUPATEN CIREBON, SC- Pasca dinyatakan positif Covid-19, Bupati Cirebon, H Imron memilih menjalani isolasi di Rumah Dinas (Rumdin) selama 14 hari. Imron pun tetap bisa memimpin jalannya roda pemerintahan meski dilakukan secara virtual dan tidak melimpahkan kepemimpinan ke Sekda atau lainnya.

Hal itu dikemukakan Asisten Daerah (Asda) I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Cirebon, Hilmi Rivai, terkait roda pemerintahan pasca-Bupati Imron terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kepemimpinan Bupati selama menjalani isolasi mandiri tidak dilimpahkan ke Sekda ataupun saya selaku Asda, karena di era modern seperti saat ini, tugas-tugas Bupati dalam menjalankan roda pemerintahan bisa dilaksanakan secara virtual,” kata Hilmi, Jumat (4/12/2020).

Menurut Hilmi, jika ada surat-surat penting yang harus segera ditindaklanjuti Bupati, pihaknya sudah menyiapkan mekanismenya agar pelayanan tetap berjalan.

“Tandatangan dan sebagainya bisa menggunakan tandatangan digital. Dan kalau diperlukan tandatangan basah juga bisa, tapi tetap dengan protokol kesehatan yang ketat,” paparnya.

Terpisah, Kabag Humas Pemkab Cirebon, Nanan Abdul Manan mengatakan, selain menjalankan kegiatan pemerintahan secara virtual, selama isolasi mandiri Bupati juga banyak kegiatan lain.

“Pak Bupati jadi lebih punya kesempatan treadmill, taqarub, membaca Alquran dan lainnya,” kata Nanan.

Menurut Nanan, Bupati meminta masyarakat agar tidak lalai dan tetap mematuhi protokol kesehatan. “Bupati meminta masyarakat tetap patuh protokol kesehatan seperti mengenakan masker, mencucui tangan dan jaga jarak. Cukup beliau saja yang terpapar. Beliau mendoakan masyarakat supaya tetap sehat,” ujar Nanan.

Bupati Cirebon, H Imron sendiri menunjukkan kondisi kesehatannya yang stabil, meski tengah dalam masa isolasi mandiri pascaterpapar Covid-19. Imron memberi sambutan sekaligus membuka acara sosialisasi tentang pajak online secara virtual, Jumat (4/12/2020) kemarin. 

Menurut Imron, selama menjalani isolasi mandiri, kondisi kesehatannya cukup stabil dan ia dalam keadaan baik-baik saja. Ia masih tetap beraktivitas menjalankan roda pemerintahan dari Rumdin di Jalan Kartini Kota Cirebon. “Alhamdulillah, kami baik-baik saja, sehat wal afiat. Kami masih bisa bekerja menjalankan roda pemerintahan dan tadi juga kami membuka acara secara virtual,” ujar Imron.

BACA JUGA: Kondisi Bupati Imron Stabil

Dalam kesempatan itu, Bupati meminta kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk tetap melayani dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Tak lupa, Bupati juga berpesan kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak atau menghindari kerumunan.

“Ini agar virus corona bisa hilang di Kabupaten Cirebon dan masyarakat tetap sehat wal afiat sehingga bisa menjalankan aktivitas seperti biasa,” tandasnya. (Islah)

Comment