by

ACT Cirebon Kirim 130 Ton Bantuan untuk Korban Bencana

KOTA CIREBON, SC- Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cirebon mengirimkan 13 truk bantuan berisikan 130 ton sembako dan bahan lainnya, untuk korban terdampak bencana alam di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan, Senin (25/1/2021).

Wakil Wali Kota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati yang hadir dalam acara tersebut bersama Dandim 0614 Kota Cirebon, Letkol Inf Herry Indriyanto, perwakilan ulama dan sejumlah tokoh lainnya, melepas secara simbolis 13 truk bantuan sembako itu, dari depan kantor ACT Cirebon, Jalan Ariodinoto, Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cirebon, Ade Rully Supriatna mengatakan, bantuan tersebut terhimpun berkat kerjasama para donatur ACT dan seluruh masyarakat Cirebon yang peduli terhadap sesama.

“Sebanyak 130 ton bahan bantuan akan didistribusikan kepada masyarakat korban gempa yang ada di Majene Sulawesi Barat dan korban banjir di Kalimantan Selatan. 120 ton beras, dan 10 ton bahan bantuan lain seperti sembako, air minum dan pakaian baru,” kata Ade kepada Suara Cirebon, saat ditemui di sela-sela pelepasan 13 truk bantuan sembako, Senin (25/1/2021).

Ade menambahkan, dalam pengumpulan donasi pihaknya telah berkolaborasi dengan berbagai komunitas yang ada di Cirebon, seperti Komunitas Kemanusiaan Cirebon, bikers, hena, pecinta alam, dan donatur ACT yang sudah loyal menyisihkan hartanya melalui ACT.

“Bantuan ini akan kita akan kumpulkan di Humanity Distribution Center (HDC) sekitar Gunung Sindur, dari situ akan diberangkatkan hari Rabu (27/1) menuju Tanjung Priok, kapal tersebut berisi bantuan dari warga atau donatur yang terhimpun dari Jawa Barat, Jakarta, dan Banten,” katanya.

Menurutnya, pengiriman bantuan untuk korban terdampak bencana tersebut, bukan hanya dilakukan satu kali. Pihaknya akan kembali mengirimkan bantuan melalui kapal kemanusiaan ACT hingga bisa betul-betul membantu sesama.

“Selain untuk bantuan kemanusiaan di luar Pulau Jawa juga, ACT juga konsen terhadap bencana yang ada di sekitar wilayah Cirebon. Kita juga ada bantuan ke Panguragan, Suranenggala dan Slangit,” paparnya.

Sementara itu, Wawali Kota Cirebon, Eti Herawati mengungkapkan rasa terima kasih serta memberikan apresiasi terhadap pihak ACT yang telah sukses mengadakan kegiatan amal tersebut.

“Saya atas nama pribadi dan Pemkot berterima kasih dan sangat bangga dengan adanya kegiatan ini, meskipun baru 2 tahun ACT ada di Cirebon, tapi kiprah sosialnya luar biasa,” kata Eti.

BACA JUGA: Komisi III Minta Syarat Bantuan Rumah Ambruk Dipermudah

Ia mendukung penuh kegiatan yang dilakukan ACT Cirebon tersebut, seraya menyebut, sebelumnya kegiatan sosial yang bersifat kecil untuk bantuan sudah sering dilakukan, namun kali ini kegiatannya lebih besar.

“KamiĀ  memberikan dukungan untuk kegiatan ACT yang tentunya positif. Mudah-mudahan, kegiatan ini dapat bermanfaat untuk saudara kita yang terkena musibah. Dan Terima kasih kepada semua pihak termasuk donatur yang sudah memberikan bantuan,” pungkasnya. (Yusuf)

Comment