by

FK KKG Kesambi Sosialisasikan Juknis Soal Ujian SD

KOTA CIREBON, SC- Forum Komunikasi (FK) Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Kesambi menyosialisasikan petunjuk teknis (Juknis) penyusunan soal kepada perwakilan guru KKG se-Kecamatan Kesambi di Aula SDN 1 Kesambi Dalam, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Rabu (27/1/2021).

Ketua FK KKG Kesambi, Jajat Sudrajat mengatakan, kegiatan tersebut yaitu sosialisi juknis penyusunan soal. Karena, kata Jajat, di Kecamatan Kesambi sudah ada kesepakatan untuk menyusun soal bagi tiap-tiap perwakilan KKG setempat.

“Penyusunan soal ini nantinya untuk penilaian harian, penilaian pertengahan semester (PPS), penilaian akhir semester (PAS), dan juga penilaian akhir tahun (PAT). Dengan kegiatan ini, kita coba untuk membangkitkan guru-guru agar bisa menuliskan soal. Bukan hanya orang-orang itu saja,” ujarnya kepada Suara Cirebon di sela-sela kegiatannya, Rabu (27/1/2021).

Selain itu, lanjut Jajat, kegiatan tersebut juga termasuk kegiatan revitalisasi KKG, yaitu salah satunya untuk membangkitkan KKG yang ada di Kota Cirebon, khususnya Kecamatan Kesambi. 

“Karena kadang-kadang KKG ini sebelumnya timbul tenggelam, kadang ada kadang engga ada, tahun ini dengan instruksi Pak Kadisdik, dengan adanya PJJ, KKG-KKG yang ada di Kecamatan Kesambi diharapkan bisa lebih maju lagi,” katanya. 

Kegiatan tersebut, kata Jajat, diikuti oleh perwakilan KKG dari tiap-tiap gugus yang ada di Kesambi. Semuanya ada 6 gugus KKG, dan total ada 50 guru  yang hadir. Adapun, kegiatan tersebut menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Setelah ini, nanti kan ada penilaian harian di bulan Februari, PTS di bulan Maret, dan PAT-nya di bulan Juni. Kita sosoaliskan agar guru tidak asing lagi dalam menulis soal,” katanya.

Jajat berharap, untuk KKG, semua gugus di Kecamatan Kesambi bisa bangkit, bergerak lagi, dan ada banyak kegiatan untuk guru, khususnya untuk para siswa.

BACA JUGA: Tingkatkan Pendidikan Berbasis Digitalisasi dan IT, IAI BBC Targetkan Bertransformasi Menjadi Universitas

Sementara itu, Pengawas Bina Kecamatan Kesambi, Dra Hj Sukemi mengatakan, FK KKG Kesambi memang  baru saja dibentuk di awal tahun ini. Namun, kata ia, gebrakan dan pergerakannya dinilai sangat signifikan.

“Harapannya, dengan adanya forum ini, KKG yang ada di Kecamatan Kesambi akan lebih meningkatkan kinerjanya dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, dan yang paling penting lagi meningkatkan kinerja guru sesuai dengan kompetensi guru,” ujarnya.

Karena, lanjut ia, setiap guru diharapkan ada peningkatan atau perubahan dalam karirnya, tidak hanya menjadi guru selamanya, namun statusnya harus ada perubahan ke yang lebih tinggi kedudukannya. (Yusuf)

Comment