by

Besok Kota Cirebon Gelar Vakasinasi Serentak

KOTA CIREBON, SC- Vaksin Covid-19 tiba di Kota Cirebon, Rabu (27/1/2021) pukul 13.00 WIB. Vaksin itu langsung disimpan di gudang penyimpanan farmasi UPT Farmasi Dinkes Kota Cirebon. Sebanyak 4.600 vail vaksin dengan merk Sinovac rencananya akan segera didistribusikan pada 22 puskesmas, 9 rumah sakit dan 1 klinik kesehatan polisi yang ada di Kota Cirebon.

Wali Kota Cirebon, H Nashrudin Azis sangat berterimakasi pada pemerintah Provinsi Jawa Barat yang telah mengirimkan sebagian vail vaksin Sinovac dari jumlah total yang harusnya diterima yaitu 9.000 vail vaksin.

“Pemerintah dan masyarakat berterima kasih pada pemerintah pusat yang sudah mendistribusikan vaksin untuk menambah imun dalam menghadapi Covid-19,” kata Azis, Rabu (27/1/2021).

Meski vaksin sudah didistribusikan pada setiap daerah, Azis minta masyarakat tetap memperketat penerapan protokol kesehatan, karena kasus positif Covid-19 di Kota Cirebon kembali meningkat.

“Karena belum semua mendapat vaksin Covid-19, maka masyarakat juga tidak boleh kendor menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Pria yang ramah senyum ini menjelaskan, mekanisme pemberian vaksin Covid-19 diawali oleh jajaran Forkopimda dan para tenaga kesehatan (nakes) di Kota Cirebon, yang tidak termasuk penyintas dan comorbid.

“Penyuntikan diawali Forkopimda dan nakes, saya ini penyintas jadi tidak prioritas,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Edy Sugiarto menjelaskan, vaksin akan mulai di distribusikan Kamis (28/1/2021) hari ini, atau H-1 sebelum dilakukan vaksinasi serentak.

“Hari Jumat dilakukan vaksinasi di Puskesmas Kesambi dan RSD Gunung Jati,minimal sasaran nakes RSD Gunung Jati yang menerima vaksin sebanyak 200 dan nakes di Puskesmas Kesambi sebanyak 50 nakes, terhitung dalam minggu pertama pelaksanaan vaksinasi,” kata Edy.

BACA JUGA: Relawan Ikuti Pelatihan Pemulasaran Jenazah Covid-19

Mengenai Forkopimda yang ikut di vaksin pada hari pertama vaksinasi, Edy mengatakan Forkopimda hanya menyaksikan jalannya vaksinasi dan hanya beberapa yang mendapat vaksin Sinovac ini.

“Tidak semua ya, sebagian hanya menyaksikan sebagai seremonial saja, yang jelas nakes dulu yang di vaksin seluruhnya ada 2.300 nakes calon penerima vaksin, dan akan diberikan sebanyak dua kali dalam jangka waktu 14 hari ke depan,” tandasnya. (Surya)

Comment