by

Masyarakat Diimbau Jangan Takut Divaksin Covid-19

KABUPATEN CIREBON, SC- Sebanyak 37 tenaga kesehatan (nakes) Puskesmas Plered, Kabupaten Cirebon, mendapat  suntikan vaksin Covid-19, Senin (1/2/2021).

Kepala Puskesmas (Kapus) Plered, dr Dewi Waskito Ningtiyas mengatakan, vaksinasi Covid-19 diadakan serentak seluruh puskesmas se-Kabupaten Cirebon dimana pencanangan vaksinasi dilakukan di Puskesmas Sumber.

“Kita harus divaksin karena vaksin adalah salah satu cara untuk membuat kekebalan. Kekebalan di sini memang bersifat pasif tapi ini adalah salah satu usaha pemerintah membuat kekebalan kelompok,” kata Dewi kepada Suara Cirebon.

Menurut Dewi, ketika divaksin diharapkan ditubuh penerima akan terbentuk antibodi. Antibodi itu, lanjut Dewi, diharapkan bisa membantu ketika ada virus masuk ke dalam tubuh.

“Jadi ketika ada virus masuk bisa dilawan oleh antibodi tersebut,” katanya.

Ia menyebut, sebenarnya sama dengan vaksin-vaksin diberikan ketika balita.

“Jadi ketika ada virus datang bukan berarti kita kebal, tetapi kita terserang tidak lebih berat dibanding dengan yang tidak divaksin,” ujarnya.

Ia pun meminta, agar setelah divaksin tetap melaksanakan protokol kesehatan dan harus menerapkan pola hidup sehat.

“Untuk masyarakat memang sekarang belum dijadwalkan tetapi insyaallah nanti bulan April semuanya bakal divaksin,” katanya.

BACA JUGA: Kabupaten Cirebon Memulai Vaksinasi Covid-19

Ia meminta agar masyarakat Kabupaten Cirebon jangan takut untuk divaksin, karena vaksin adalah salah satu cara untuk mencegah terjadinya penularan penyakit,” katanya.

“Jangan takut karena vaksin ini aman serta halal juga karena sudah ada fatwa dari MUI bahwa ini halal, kemudian dari BPOM juga ini aman insyaallah, ini demi kebaikan kita semua dan semoga pandemi segera berlalu,” tandasnya. (Vicky)

Comment