by

Anggota DPRD Siap Kawal Hasil Musrenbang

KABUPATEN CIREBON, SC- Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon, Nova Fikrotushofiyah menghadiri kegiatan Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Kedawung, Selasa (2/2/2021). Menurutnya, salah satu tugas pokok anggota dewan adalah mengawal aspirasi masyarakat khususnya aspirasi konstituen daerah pemilihan (dapil) yang bersangkutan.

“Insyaallah semua anggota dewan di Dapil 4 Kabupaten Cirebon ini akan mengawal aspirasi terutama hasil musrenbang tingkat kecamatan. Bahkan aspirasi yang bukan kewenangan kita selaku anggota dewan tingkat kabupaten, misalkan itu kewenangan provinsi ataupun pusat nanti akan tetap kita usahakan aspirasi tersebut,” kata Nova kepada Suara Cirebon, saat ditemui di sela-sela pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Kedawung.

Namun, Nova mengingatkan, kondisi pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia, menyebabkan pemerintah dari pusat hingga daerah melakukan refocusing anggaran.

“Kami siap mengawal aspirasi karena ini tugas dan fungsi, tetapi karena ini masih kondisi Corona mudah-mudahan saja anggarannya tidak di-refocusing. Besar harapan kami semua usulan bisa direalisasi,” ujarnya.

Hadir dalam pra musrenbang tersebut, Camat Kedawung, H Teguh Supriyadi, para kuwu se-Kecamatan Kedawung, MUI kecamatan, lembaga, tokoh masyarakat  dan instansi terkait lainnya.

Camat Kedawung Teguh mengatakan, di pra musrenbang ini harus direncanakan program-program yang dapat menunjang perekonomian dan peningkatan SDM yang selaras dengan visi misi Kabupaten Cirebon.

Menurut Teguh, untuk program kegiatan pembangunan ke depan pengelolaannya diperuntukkan bagi masyarakat agar dapat lebih meningkatkan SDM.

Teguh menyebut, dalam pra musrenbang itu ada beberapa usulan baik fisik maupun nonfisik dari masing-masing desa yang telah direkap di tingkat kecamatan untuk dijadikan usulan pembangunan.

“Pada pra musrenbang tingkat kecamatan ini, usulan baik fisik maupun nonfisik dari masing-masing desa, lembaga dan instansi terkait lainnya kita tamping sebelum nanti dibawa ke musrenbang,” kata Teguh.

BACA JUGA: Komisi II Minta Alokasi Pupuk Subsidi Ditambah

Ia berharap, semua usulan yang telah direkap tersebut, dapat direalisasikan semuanya dan nisa diterima saat Musrenbang tingkat Kabupaten Cirebon nanti. Terlebih, anggota Komisi III DPRD yang hadir menyatakan kesiapannya untuk mengawal usulan (aspirasi) tersebut.

“Saya berharap kepada semua pihak termasuk Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon untuk dapat mengawal usulan dari tingkat desa dan kecamatan agar bisa terealisasi semuanya,” pungkasnya. (Vicky)

Comment